Semakin Dekat dengan Pembaca

Tahun Depan Ajukan Rp 60 Juta

 

BERAT: Atlet Pabersi Kota Blitar berlatih teknik angkatan barbel. (ADITYA YUDA SETYA PUTRA/RADAR BLITAR)

 

 

KOTA BLITAR – Seretnya jumlah anggaran yang diterima membuat Perkumpulan Angkat Berat Seluruh Indonesia (Pabersi) Kota Blitar kudu irit. Sebab pemenuhan kebutuhan atlet juga serba tanggung. Nah, induk cabor berencana untuk mengajukan anggaran lebih besar untuk tahun depan.

Tahun ini Pabersi Kota Blitar hanya dijatah Rp 40 juta. Jumlah itu dinilai sangat kecil. Terlebih, ada banyak sektor yang harus dipenuhi. Mulai asupan gizi atlet, perawatan perangkat latihan, hingga pengadaan item latihan. “Dalam menata anggaran tahun ini, kami jadi serba tanggung. Setengah-setengah lah,” ujar ketua Pabersi Kota Blitar, Siswandi.

Padahal, dibutuhkan biaya cukup besar dalam upaya perawatan alat latihan. Itu belum termasuk pengadaan alat baru jika memang diperlukan. Sedangkan, satu set alat latihan pabersi bisa menyentuh angka jutaan rupiah. “Kita ingin tahun depan lebih dilengkapi. Mulai dari barbel hingga peralatan gym lain,” tegasnya.

Yang tidak kalah penting adalah pengadaan sarana bagi atlet. Ini memang jadi perhatian khusus induk cabor. Pasalnya, seluruh atlet yang dibina belum memiliki sepatu atau jersey khusus. Padahal, item ini bisa menunjang proses latihan atlet.

“Kita belum punya sepatu khusus angkat berat. Lalu, jersey juga belum ada. Nah, tahun depan akan mulai lakukan pengadaan di sektor itu. Kasihan anak-anak saat di Porprov kemarin hanya pakai sepatu seadanya,” katanya.

Untuk itu, induk cabor berencana untuk mengajukan anggaran lebih besar untuk tahun depan. Jika tahun ini pabersi dijatah Rp 40 juta, tahun depan bakal mengajukan Rp 60 juta untuk kegiatan operasional dan pembinaan setahun.

“Kalau Rp 50-60 juta, kami bisa lebih mudah dalam menata anggaran. Lalu, sektor-sektor yang masih kurang juga kemungkinan besar bisa terpenuhi. Kami berharap ini bisa terealisasi nanti,” harapnya. (dit/ady)

Leave A Reply

Your email address will not be published.