Semakin Dekat dengan Pembaca

Tambah Porsi Latihan, Target Bawa Pulang Emas

KOTA BLITAR – Atlet Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Blitar tak punya waktu untuk leha-leha. Pasalnya, induk cabor sedang bersiap jelang pemusatan latihan daerah (puslatda) Jatim. Itu merupakan persiapan terakhir jelang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Percasi 2023.

Pelatih Percasi Kota Blitar Kiky Dimas Arianto mengungkapkan, puslatda Jatim bakal digelar di pertengahan bulan ini. Total ada dua atlet yang dipersiapkan. Uniknya, kedua atlet yang dimaksud bakal turun di kategori usia junior. “Satu atlet putri atas nama Gyda Sava Al Zahra dan satu atlet putra Dewa Fortuna. Keduanya masih berusia sembilan tahun,” terangnya.

Dalam beberapa bulan belakangan, tim pelatih mulai memberi porsi latihan khusus. Jika biasanya atlet hanya berlatih teknik di masing-masing nomor, kini mereka juga diwajibkan untuk melakoni latihan games. Dalam hal ini, pelatih menerapkan permainan pemecahan masalah catur bagi anak asuhnya. “Itu namanya puzzle catur agar anak-anak makin terlatih untuk berpikir kritis, walaupun dalam tekanan,” tegasnya.

Bukan cuma itu, porsi latihan para pecatur juga makin “tebal”. Pasalnya, tim pelatih juga sengaja menambah waktu pelaksanaan latihan reguler. Normalnya, atlet berlatih selama dua jam dalam satu sesi latihan. Saat ini, minimal tiga jam dalam satu sesinya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Perwasitan Percasi Kota Blitar ini menambahkan, saat ini pihaknya memang fokus untuk “memanaskan mesin” sebelum mulai bertolak ke venue puslatda. Harapannya agar kedua atlet yang dikirim bisa lolos, hingga masuk ke dalam daftar kontingen Jatim di Kejurnas Percasi tahun ini. “Banyak bibit muda yang ikut serta di berbagai kejuaraan. Selain itu, pengurus di tingkat provinsi menargetkan bisa pulang bawa (medali, Red) emas bagi Jatim,” tuturnya. (dit/c1/sub)

Leave A Reply

Your email address will not be published.