Semakin Dekat dengan Pembaca

Tanamkan Peduli Lingkungan sejak Dini, Siswa Smakara Lakukan Kerja Bakti Jumat Bersih

Tulungagung – Membentuk sebuah karakter akan kepedulian lingkungan sejak dini memerlukan proses dan edukasi yang intens kepada generasi muda. Hal inilah yang terus diterapkan kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Karangrejo (Smakara). Pihak sekolah memiliki program Jumat Bersih yang rutin diadakan sejak beberapa tahun terakhir. Yaitu, bersih-bersih lingkungan sekolah.

Khusus Jumat (13/1) kemarin, guru dan murid, serta perangkat Desa Gedangan bekerja sama membersihkan area masjid dan Tugu Gedangan. Hal ini dimaksudkan agar siswa tidak hanya peduli terhadap lingkungan sekolah, tetapi lingkungan sekitar juga harus diperhatikan.

Kepala SMA Negeri 1 Karangrejo, Subagas mengatakan, rasa kepedulian kepada lingkungan akan terus ditanamkan kepada anak didiknya. Mengingat, Tugu Gedangan ini merupakan titik pandang utama sehingga tidak elok dipandang jika kondisinya kumuh. “Selain pembersihan rumput serta ilalang, Tugu Gedangan juga di cat ulang supaya kelihatan bersih,” tutur Bagas, sapaannya.

Dia menambahkan, anak didiknya tidak hanya dibekali pendidikan akademis, tetapi mereka juga harus pintar dalam bersosial dan berkomunikasi dengan masyarakat. Dengan begitu, pada saatnya nanti mereka tidak canggung dalam bermasyarakat. “Alhamdulillah mereka sangat antusias,” katanya.

Kepala Desa Gedangan, Somoro mengaku, kegiatan positif ini harus terus dijaga sehingga dapat menumbuhkan karakter positif bagi siswa, terlebih kerja sama Desa Gedangan dengan SMA Negeri 1 Karangrejo. “Saya bangga dan berterima kasih kepada SMA Negeri 1 Karangrejo atas perhatiannya kepada lingkungan,“ pungkasnya. (yos/c1/din)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.