Semakin Dekat dengan Pembaca

Tarik Wisatawan Luar Daerah, Siapkan Rangkaian Sejumlah Event Besar

KOTA BLITAR – Program pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19 digulirkan kembali tahun ini. Bahkan, semakin ditingkatkan demi perekonomian kembali normal seperti sediakala.
Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah kota (Pemkot) Blitar adalah menggelar sejumlah event besar. Pemkot telah menetapkan rangkaian event besar yang bakal dilaksanakan tahun ini. Rangkaian event tersebut tidak jauh berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya yang memang merupakan agenda rutin.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Blitar Priyo Suhartono telah meminta kepada seluruh OPD untuk mempersiapkan pelaksanaan rangkaian event besar yang telah ditetapkan. Persiapan memang harus dilakukan jauh hari demi event berjalan maksimal. ”Penetapan rangkaian event telah melalui rangkaian diskusi. Termasuk evaluasi dari penyelenggaraan event tahun lalu,” jelasnya kepada Koran ini, kemarin (23/1).

Sejumlah agenda event besar itu mengenai peringatan hari besar nasional (PHBN) maupun peringatan hari besar Islam (PHBI). Selain itu, agenda lain yang memang sudah menjadi agenda rutin. Setidaknya ada 52 event yang bakal meramaikan kota sepanjang 2023 ini.

Sejumlah event itu di antaranya Festival Batik Blitar Keren, Patria Pushbike Racing, Festval Aryo Blitar, Performance 1000 Barongan Kucingan, Grebeg Pancasila, Bazar Blitar Jadoel, hingga Blitar Koi Show. Sejumlah rangkaian event tersebut digelar hampir di setiap bulan.

Priyo berharap penyelenggaran sejumlah event tersebut berdampak positif pada sektor perekonomian, perdagangan, serta pariwisata. Dengan begitu, hal tersebut mendukung program pemulihan ekonomi di masyarakat, khususnya pelaku UMKM. ”Kami telah umumkan rangkaian event itu dengan harapan bisa menarik wisatawan atau warga dari luar daerah untuk berkunjung ke Kota Blitar. Mereka bisa tahu jika nanti ada event dan tertarik datang,” ungkapnya.

Dengan sejumlah event tersebut, perekonomian di masyarakat makin meningkat. Terbukti dari penyelenggaraan sejumlah event yang mampu menghidupkan roda perekonomian pelaku UMKM ataupun pedagang. “Semoga event yang sudah dirancang berjalan lancar. Meski nanti ada perubahan di tengah jalan, itu manusiawi,” tandasnya. (sub/c1)

Leave A Reply

Your email address will not be published.