Semakin Dekat dengan Pembaca

Tata Pedagang, Pemkot Blitar Bangun Pujasera

Di Kawasan Sport Center Bendo

 

KOTA BLITAR – Pengembangan kawasan Bendo Terpadu masih bakal terus berlanjut. Tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar berencana menata kios pedagang di sebelah utara sport center.

Saat ini, pemkot tengah mematangkan konsep penataan kios pedagang tersebut. Sesuai rencana, konsep penataan tersebut berupa bangunan pujasera. ”Ya, tahun ini ada pembangunan pujasera. Konsepnya masih dimatangkan bidang penyelenggaraan bangunan dan bina konstruksi,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Blitar Suharyono kepada Koran ini, kemarin (19/1).

Rencana pembangunan pujasera tersebut masuk dalam kawasan Bendo Terpadu. Satu kompleks dengan sport center, kantor Kelurahan Bendo, Polsek Kepanjenkidul, serta kantor Danramil Kepanjenkidul. Namun, dinas PUPR belum bisa menyebutkan nilai anggaran untuk rencana pembangunan pujasera tersebut karena masih dalam pembahasan.

Nantinya, pujasera bakal ditempati oleh pedagang yang berjualan di utara sport center atau selatan lapangan Bendo. Keberadaan pujasera nantinya bisa membuat pemandangan kawasan sport center makin indah dan tertata. ”Pembangunan pujasera ini memang bagian dari masterplan kawasan Bendo Terpadu. Tahun ini, kami berencana membangun pujasera untuk penataan pedagang,” jelas kabid penataan bangunan dan bina kontruksi, Erlin Ferida Kusnawati.

Dinas menargetkan konsep bangunan pujasera selesai pada Februari mendatang. Setelah semua dokumen perencanaan lengkap, dinas lanjut melaksanakan lelang. Pemkot berharap kawasan Bendo Terpadu tersebut bisa mengungkit perekonomian warga sekitar.

Selain membangun pujasera, tahun ini dinas PUPR juga berencana membangun kantor Kelurahan Tlumpu. Pembangunan kantor kelurahan tersebut juga bagian dari program revitalisasi kantor kelurahan di Kota Blitar. Dinas mengalokasi anggaran sekitar Rp 3,5 miliar untuk pembangunannya.

Saat ini dinas sedang mematangkan konsep perencanannya. Kemudian, juga melengkapi dokumen perencanaanya. ”Target realisasinya tahun ini. Nantinya, kantor kelurahan baru berada di sebelah selatan lapangan Tlumpu,” tandas perempuan berjilbab ini. (sub/c1/ady)

Leave A Reply

Your email address will not be published.