Semakin Dekat dengan Pembaca

Tekuni Bisnis Florist, Freni Owner Bouqetqu Selalu Jaga Kualitas dan Kreativitas

TULUNGAGUNG – Berbisnis di bidang florist dan toko bunga bisa menjadi peluang yang menggiurkan apabila ditekuni. Meskipun bukan sebuah kebutuhan primer, akan tetapi keberadaan bunga akan selalu dibutuhkan di berbagai kesempatan. Seperti pernikahan, perayaan kelulusan, ulang tahun, peringatan hari-hari penting, hingga kematian.

Luasnya segmentasi bisnis ini tentu merupakan peluang yang bisa diambil. Namun, perlu berbagai langkah tepat agar tidak kalah dengan kompetitor bisnis bunga yang tidak sedikit. “Tentu sebelum terjun dalam bisnis florist ini perlu memperhatikan beberapa peluang agar makin oke langkahnya nanti,” kata Freni Rizayanti, owner Bouqetqu Blitar.

Menurut dia, ada beberapa langkah-langkah yang perlu dicatat sebelum terjun ke bisnis florist dan bunga, yakni perlunya memiliki keterampilan merangkai bunga. Ini menjadi  hal wajib yang patut dimiliki apabila berminat menjadi florist. “Menyulap rangkaian bunga menjadi buket yang indah merupakan modal utama agar bisnis florist yang bakal dilirik oleh pembeli,” ujarnya.

Selain keterampilan dalam merangkai, tentu pemilihan distributor bunga yang tepat juga menjadi poin penting.

“Ada baiknya riset terlebih dahulu untuk mencari distributor bunga yang terjangkau, segar, dan berkualitas. Kalau bisnis florist segar itu harus berani rugi dulu. Sebab kita pasti awal-awal terus rangkai bunga untuk display untuk menarik pelanggan,” paparnya.

Kemudian terakhir, jaga kualitas dan kreatif dalam berkreasi. Ini merupakan strategi yang bisa membuat pelanggan melirik bisnis bunga dan berpotensi untuk repeat order. “Keunikan dari bisnis bunga adalah tantangannya untuk menjaga kualitas bunga agar tidak layu. Sebagai florist, kita wajib memastikan bunga yang dijual masih segar dan berkualitas hingga ke tangan pembeli,” jelas Freni.

Selain itu juga tak lupa untuk mengkreasikan bunga dengan desain terbaru agar dilirik oleh pembeli. “Kreasi bunga ini bisa dapatkan inspirasinya dari berbagai internet, atau dari penjual lain yang bisa dimodifikasi modelnya,” imbuhnya.(ae3/tin/apr/rka)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.