Semakin Dekat dengan Pembaca

Tempat Adu Kebut Pemotor Ngawur, Kini Dishub Tulungagung Pasang Warning Light

Tulungagung- Beberapa jalan di Tulungagung menjadi tempat adu kebut serta pemotor ngawur yang tak memperhatikan lalu lintas. Pemasangan warning light menjadi pengingat seluruh masyarakat agar lebih berhati-hati dalam berkendara.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tulungagung, Panji Putranto menjelaskan, terdapat dua prioritas jalan yang dirasa perlu dipasang warning light alias lampu peringatan. Yakni, simpang empat di Desa Bangoan, Kecamatan Kedungwaru, serta simpang tiga dekat pasar Desa Bungur, Kecamatan Karangrejo. “Simpang empat Desa Bangoan itu ramai, sebelah pasar. Maka, lokasi itu menjadi prioritas,” jelas Panji, sapaan akrab pria tersebut.

Sebenarnya banyak usulan datang ke dishub untuk pemasangan warning light ini. Semua usulan akan ditindaklanjuti. Sebelum pemasangan akan dilakukan survei terjun ke lokasi untuk mengecek kondisi sebenarnya simpang jalan yang diusulkan pemasangan warning light. Apakah benar jalan yang diusulkan membutuhkan keberadaannya atau tidak.

Dia melanjutkan, pemasangan warning light didasarkan pada analisis tingginya volume lalu lintas di daerah tertentu. Itu berkaitan pula dengan lokasi pemasangan memiliki potensi rawan terjadi kecelakaan lalu lintas. Berbeda dengan traffic light, alat ini dipasang untuk memperlambat laju kecepatan para pengguna jalan.

“Biar orang itu ada perhatian terhadap lalu lintas. Kadang pengendara itu main nyelonong saat melewati persimpangan. Warning light dipasang untuk memberikan rambu atau tanda agar pengguna jalan lebih berhati-hati,” katanya.

Dia tak memungkiri banyak persimpangan butuh keberadaan warning light. Karena itu, setelah pemasangan pada dua persimpangan kali ini, tidak menutup kemungkinan ke depannya bakal ada lagi pemasangan lampu peringatan di daerah-daerah lain di Jawa Timur (Jatim).

“Kalau kita terus mengusulkan. Karena juga banyak surat usulan dari pemerintah desa (pemdes), dari sekolahan, atau yang lainnya untuk pemasangan warning light. Semua usulan tersebut kita inventarisasi dan lokasi yang menjadi skala prioritas didahulukan,” pungkasnya. (nul/c1/din)

Leave A Reply

Your email address will not be published.