Semakin Dekat dengan Pembaca

Terapkan Prokes Ketat, Makam Bung Karno Tetap Buka

KOTA BLITAR – Tren kasus Covid-19 di Kota Blitar ada peningkatan. Hampir setiap hari terjadi penambahan kasus.

Kendati demikian, Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar tetap membuka objek wisata andalan, yakni Makam Bung Karno (MBK). Dengan ketentuan tetap dibatasi sesuai aturan yang berlaku. “Objek wisata tetap kami buka sesuai aturan PPKM level 1. Namun, kami lebih giat mengimbau pengunjung untuk menjaga protokol kesehatan,” kata Kepala Disparbud Kota Blitar Edy Wasono kepada Koran ini, kemarin (10/2).

Sebagaimana diketahui, Kota Blitar saat ini masih berada pada status level 1 PPKM. Sesuai aturan, pengunjung wisata yang masuk dibatasi hanya 75 persen dari kapasitas. Sementara pengelola wisata harus menyediakan sarana prokes lengkap.

Menurut dia, belum ada kebijakan baru terkait adanya tren peningkatan kasus Covid-19. Dinas masih menjalankan aturan sesuai PPKM level 1. “Kami tetap ikuti aturan yang ada. Kalaupun nanti ada aturan lagi dari pemerintah, kami siap menjalankan,” ujarnya.

Sejak penerapan level 1 PPKM, jumlah kunjungan wisatawan di Kota Blitar terus meningkat. Berbagai wisatawan dari berbagai daerah kembali berziarah di makam Presiden Pertama RI tersebut. Perekonomian di sekitar MBK kembali menggeliat.

Dinas tak ingin perekonomian wisata yang sudah bergairah itu kembali menurun karena pembatasan lagi. Dinas berupaya maksimal kepada pelaku wisata maupun pengunjung untuk tetap menjaga prokes. “Kami ingin ekonomi dan kesehatan berjalan beriringan. Terpenting, kami tekankan pada pengunjung dan pelaku wisata agar jangan lengah, jika tak ingin kasus melonjak,” tandasnya. (sub/c1/ady)

Leave A Reply

Your email address will not be published.