Semakin Dekat dengan Pembaca

Tergerus Air Sungai, Talut Sungai di Kota Blitar Ambrol

KOTA BLITAR – Hujan deras yang mengguyur Kota Patria pada Minggu (1/1) lalu membawa dampak longsor. Talut sungai di Lingkungan Karanglo, Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan, longsor. Debit sungai yang tinggi membuat talut tergerus hingga mengakibatkan ambrol.

Kepala Bidang Kedaruratan, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Blitar Setya Wiratna mengatakan, tanah longsor di Lingkungan Karanglo ini terjadi karena bangunan talut tergerus air sungai dan luapan air persawahan. Bangunan talut yang longsor sepanjang 20 meter dan tinggi sekitar 6 meter. “Longsor terjadi sekitar pukul 04.00 WIB tadi (kemarin, Red),” ujarnya kepada Koran ini, kemarin.

Sebelumnya, kata Setya, di lokasi yang sama pernah terjadi longsor. Peristiwanya sekitar 2015 lalu. Saat itu, talut tersebut dibangun lebih kuat dan kini kembali longsor. BPBD memastikan talut yang ambrol bukan karena faktor usia bangunan.”Sebab, jika dipengaruhi usia bangunan, pasti talut akan ambrol semua,” katanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, air di persawahan sempat ikut meluap saat hujan deras. Kondisi tersebut mengakibatkan debit air di sungai semakin banyak. Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.

Meski begitu, ada satu rumah kos yang rawan terdampak longsor. Sebab, rumah kos tersebut berada di dekat talut. “Sementara secara visual, talut yang berada di sebelah barat masih aman,” terangnya.

Pascakejadian itu, BPBD melakukan penanganan darurat dengan memberikan terpal dan karung pasir di titik longsor. Tujuannya untuk mencegah terjadinya longsor susulan. Sebab, karung pasir mencegah rembesan air yang berada di talut yang ambrol. Dengan begitu, tidak sampai menggerus lapisan tanah. “Dinding lapisan tanah diarahkan ke sungai sehingga tidak terjadi longsor susulan,” katanya.

Untuk mengamankan lokasi longsor, BPBD bersama pihak terkait memasang garis polisi. Penanganan talut secara permanen bakal dilaksanakan oleh dinas terkait. “Selain itu, kami juga selalu mengimbau kepada Kelurahan Tangguh Bencana (Keltana) untuk siaga di wilayahnya masing-masing,” tandas pria ramah ini. (mg1/c1/sub)

Leave A Reply

Your email address will not be published.