Semakin Dekat dengan Pembaca

Ternyata Ini Alasan Air PDAM Trenggalek Tersendat-sendat

TRENGGALEK – Apakah belakangan ini aliran dari perusahaan daerah air minum (PDAM) tidak lancar alias ngadat?

Ya, manajemen Perumda Air Minum Tirta Wening telah mengonfirmasi, ada sekitar 150-200 saluran rumah (SR) yang mengalami gangguan.

Gangguan itu, kata Direktur Perumda Air Minum Tirta Wening Sudarmono, berasal dari pipa PDAM yang berada di wilayah Kecamatan Bendungan, yang mengalami kerusakan.

Terdapat tiga pipa yang berada di kecamatan itu, sedangkan pipa yang rusak adalah pipa utama. Kerusakan itu pun mengakibatkan air tidak bisa mengalir dengan lancar.

“Itu pipa utama (ada kerusakan, Red), kemarin yang kena itu yang besar, pengaruhnya lumayan. Cuman yang terpengaruh ini yang di wilayah ujung-ujung saja. Jadi sebagian tidak, masih tercover,” ungkap Sudarmono, saat dihubungi Koran ini pada kemarin (9/12) siang.

Sudarmono tak menafikan bahwa intensitas gangguan SR PDAM meningkat seiring proyek pelebaran jalan Trenggalek-Bendungan.

Alasannya, sewaktu pengerjaan dengan memakai ekskavator untuk mengeruk tebing, tanpa sengaja alat berat itu mengenai pipa.

“Waktu pengerukan longsor itu mengenai pipa (PDAM, Red),” ungkapnya.

Selain itu, PDAM pun diminta untuk memindahkan pipa-pipa karena ada tiga titik yang mengalami longsor.

“Sejak 4 Desember 2022 kemarin, itu kan bergantian terus, ada 3 titik (longsor, Red),” ucapnya.

Mengenai masalah itu, manajemen Perumda Air Minum mengaku, langsung  memperbaiki pipa-pipa yang bocor, kendati kebocoran itu terjadi saat malam.

“Sebenarnya tidak ada yang tertunda (perbaikan pipa bocor, Red),” imbuhnya.

Namun alasan aliran air yang belum lancar, kata Sudarmono, hal itu adalah kelemahan dari PDAM. Pihaknya menilai, saat kabel Perusahaan Listrik Negara (PLN) putus, disambung, tidak butuh waktu lama bisa menyala.

Berbeda ketika pipa PDAM putus, selesai pipa tersambung air PDAM membutuhkan jeda waktu hingga sampai ke pelanggan.

“Memang ada gap (jarak, Red) waktu lama. Ya rata-rata itu tiga jam selesai perbaikan,” ujarnya.

Sementara dari pantauan Jawa Pos Radar Trenggalek, aliran air PDAM mengalami ngadat di wilayah Kelurahan Sumbergedong pada Jumat (9/12) pagi. Air yang mengalir pun cuma pelan. (tra/rka)

Leave A Reply

Your email address will not be published.