Semakin Dekat dengan Pembaca

Tim Soeratin Butuh Uji Coba

KABUPATEN BLITAR – Skuad Blitar Poetra (BP) FC sudah diburbarkan sejak bulan lalu. Kini, Askab PSSI Blitar mulai bicara soal pembinaan tiga wakilnya di kompetisi Piala Soeratin. Bulan ini dipastikan jadi waktu yang sibuk bagi induk cabor.

Ketua Askab PSSI Blitar, Fatatoh Hironi Ulya mengungkapkan, kompetisi sepak bola usia junior di Jawa Timur (Jatim) besar kemungkinan tetap dihelat di tahun ini. Itu setelah Asprov PSSI Jatim membuat kebijakan untuk kembali membahas persiapan kompetisi untuk pesepakbola muda ini. “Asprov melakukan pembahasan di awal Desember lalu. Liga 3 musim 2022/2023 memang tidak digelar. Tapi, Piala Soeratin Jatim masih bisa diputar,” ujarnya.

Kabar baiknya, wakil di kompetisi kelompok U-17 mulai nampak. Tapi nama tim yang mewakili di kelompok U-13 dan U-15 masih dalam proses evaluasi. Oleh sebab itu, askab bermaksud untuk memonitor kesiapan di masing-masing sekolah sepak bola (SSB) yang terdata sebagai anggota. “Sekarang mulai diverifikasi. Apakah sudah sesuai dengan hasil kompetisi yang kemarin dilaksanakan,” katanya.

Tugas selanjutnya adalah untuk menunjuk ofisial tim dan menggaet rekanan sebagai sponsor. Spesifik soal sponsor, ungkap Tatok, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan tiga sponsor yang di akhir tahun lalu sempat bekerjasama dengan tim BP FC senior.

Mengingat kompetisi usia senior dipastikan tak akan dipentaskan, askab bakal menarik dan mengalihkan sponsor untuk bekerjasama dengan tiga tim di usia junior. “Kami rasa itu bisa dilakukan. Komunikasi dengan sponsor terjalin dengan baik. Kami tawarkan opsi agar sama-sama menguntungkan,” bebernya.

Informasi yang dihimpun Koran ini, kompetisi Piala Soeratin U-13, U-15, dan U-17 bakal digelar paling cepat pada Maret mendatang. Itu setelah agenda akbar PSSI pusat, kongres luar biasa (KLB) rampung digelar.

“Kan sudah ada info resmi. KLB digelar pada 16 Februari. Agendanya terkait pergantian kepengurusan di tingkat pusat. Berarti seluruh kompetisi nasional bisa diputar setelah KLBitu,” terangnya.

Mengingat tim U-13, U-15, dan BP FC U-17 belum sekalipun dihadapkan dengan program pembinaan yang intensif, askab bakal memberi instruksi bagi pelatih di masing-masing tim untuk mulai meningkatkan porsi latihan. “Jadwal latihan sedang dibuat. Lalu, kami juga sedang mendata beberapa tim di Jatim untuk dimasukkan ke dalam daftar lawan uji coba,” pungkasnya. (dit/ady)

Leave A Reply

Your email address will not be published.