Semakin Dekat dengan Pembaca

Tindak 320 Knalpot Brong, Satlantas Polres Tulungagung: Tanggung Sendiri Akibatnya

TULUNGAGUNG- Ratusan pengendara sepeda motor di Tulungagung diamankan oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tulungagung. Kendaraan itu disita karena terbukti melanggar lalu lintas, terutama memakai knalpot brong.

“Kami menindak knalpot brong hampir setiap minggu, bahkan seminggu kadang ada puluhan motor yang kami sita. Kami terus memantau lewat alat ETLE dan secara manual di jalur yang ramai dan rawan,” ujar Kasat Lantas Polres Tulungagung, AKP Rahandy Gusti Pradana.

Tercatat selama hampir satu bulan ini sejak 1 sampai 25 Agustus, satlantas telah melakukan penindakan terhadap pelaku yang melanggar lalu lintas, yakni sebanyak 230 pelanggar. Ketika dirazia, motor didominasi berjenis KLX yang knalpot orisinalnya diganti dengan knalpot modifikasi yang suaranya membisingkan alias knalpot brong.

Rahandy menerangkan, ratusan pelanggar yang menggunakan knalpot brong dilakukan penilangan, kemudian motor mereka diangkut dan dibawa ke kantor E-Tle Satlantas Polres Tulungagung yang berlokasi di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kelurahan Kampungdalem. Setelah itu, para pelanggar diharuskan mengikuti persidangan sesuai hukum yang berlaku.

Hingga akhirnya, pelanggar diperbolehkan mengambil motor asalkan knalpot brong diganti dengan yang orisinal. Tidak hanya itu, pelanggar juga diharuskan menggergaji knalpot brong mereka langsung dihadapan polisi. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan efek jera agar perilaku serupa tidak terulang kembali.

“Knalpot brong bukan bagian dari motor standar dan menganggu pengguna jalan lain, bahkan bisa menimbulkan keributan. Kami juga merekam para pelanggar ketika menggergaji knalpot brong dan membagikan ke media sosial untuk sosialisasi,” jelasnya.

Polisi berpangkat tiga balok di pundaknya ini menegaskan, penggunaan knalpot brong bagi sepeda motor tentu melanggar Undang-Undang (UU) Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 285 ayat 1. Pada pasal tersebut, penggunaan knalpot brong pada sepeda motor termasuk kategori sepeda motor yang di luar spesifikasi teknis. Apalagi, penggunaan knalpot brong juga mengganggu pengguna jalan lain di jalan raya. Karena itu, pengendara yang kedapatan menggunakan sepeda motor di luar standar harus ditindak.

“Kami memberikan imbauan kepada pelanggar dan peringatan agar tidak ada lagi pelanggaran sejenis, karena efeknya harus ditanggung sendiri,” pungkasnya. (jar/c1/din)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.