Semakin Dekat dengan Pembaca

Unisba Blitar Launching Tax Center, Cetak Mahasiswa Paham Pajak

KOTA BLITAR – Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar terus mengepakkan sayapnya dalam berbagai bidang. Terbaru, kampus tersebut bekerja sama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur (Jatim) III. Yakni dengan me-launching Tax Center Unisba, kemarin (11/8). Penandatanganan nota kerja sama tersebut disaksikan langsung Wali Kota Blitar Drs Santoso MPd.

Orang nomor satu di lingkup Pemkot Blitar itu mendukung langkah Unisba. Termasuk dalam hal perpajakan. Salah satunya diresmikannya Tax Center tersebut. “Unisba sudah merintis. Harapannya bisa menjadi percontohan bagi perguruan tinggi yang lain. Sebab, itu juga merupakan upaya menggali pendapatan asli daerah (PAD, Red),” ujarnya.

Tak hanya mengapresiasi, Santoso berharap keberadaan Tax Center bisa bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya dalam hal sosialisasi pemahaman tentang pajak. Sebab, itu juga tak lepas dengan adanya pajak daerah sehingga nantinya pendapatan dari sektor pajak bisa lebih meningkat. “Jadi bagaimana pemahaman masyarakat terkait pajak, dibentuklah semacam klinik perpajakan (Tax Center, Red),” jelasnya.

KERJA SAMA: Kepala Kanwil DJP Jatim III Farid Bachtiar MTax dan Rektor Unisba Blitar Dr Drs H. Soebiantoro MSi menandatangani MOU sebagai penanda launching Tax Center Unisba, disaksikan Wali Kota Blitar Drs Santoso MPd.

Kepala Kanwil DJP Jatim III, Farid Bachtiar MTax mengatakan, adanya Tax Center membuat mahasiswa semakin paham tentang pajak. Selain itu, mereka nantinya bisa melakukan edukasi kepada masyarakat secara mandiri. Hal ini juga sesuai dengan tridarma perguruan tinggi, salah satunya pengabdian masyarakat. “Jadi kerja sama ini sama-sama menguntungkan. Baik kepada masyarakat, mahasiwa itu sendiri, juga bagi kami (DJP Jatim, Red). Pastinya juga pemerintah,” jelasnya.

SINERGI : Kepala Kanwil DJP Jatim III Farid Bachtiar MTax dan Rektor Unisba Blitar Dr Drs H. Soebiantoro MSi usai penandatanganan piagam peresmian Tax Center Unisba, disaksikan Wali Kota Blitar Drs Santoso MPd.

Rektor Unisba Blitar, Dr Drs H. Soebiantoro MSi menyatakan, launching Tax Center diharapkan mampu membuat civitas academica Unisba paham pajak. Dengan begitu bisa meningkatkan kualitas mahasiswa Unisba. Utamanya ketika sudah lulus dan terjun ke masyarakat. “Ke depannya bisa terbentuk prodi akuntansi dengan penguatan perpajakan, ataupun prodi manajamen dengan penguatan perpajakan,” jelasnya.

Untuk ke depannya, lanjut pria ramah itu, tak menutup kemungkinan Unisba bisa membentuk jurusan D3 perpajakan. Sebab, cukup banyak kebutuhan orang yang benar-benar paham pajak. Salah satunya menjadi konsultan pajak. (wen/c1)

Leave A Reply

Your email address will not be published.