Semakin Dekat dengan Pembaca

Upi Suprianto, Pemuda Kreatif Pengagum Bung Karno

Getol Kenalkan Pemikiran serta Ajaran Proklamator hingga Internasional

KOTA BLITAR – Di balik tangan dingin Upi Suprianto, Sukarno Festival terselenggara. Sejak digagas pada 2019, berbagai kegiatan bertema Bung Karno sukses digelar. Bukan hanya di Blitar, melainkan juga di luar daerah. Bahkan, jika tak ada aral melintang bakal digelar di Paris.

Mendengar nama Blitar, yang terlintas dalam pikiran mayoritas masyarakat, yakni Bung Karno. Presiden Pertama RI yang dikebumikan di Kota Blitar. Karena itu, Kota Blitar memiliki julukan Bumi Bung Karno.

Kini, makam Bung Karno (MBK) telah menjadi jujugan para wisatawan maupun peziarah dari berbagai penjuru Indonesia. Sosok Bung Karno telah melekat erat di Blitar. Pun yang diharapkan Upi Suprianto, warisan pemikiran serta ajaran sang Proklamator, itu turut dilestarikan oleh para generasi muda bangsa khususnya warga Blitar Raya.

Berangkat dari situ, pemuda warga Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjenkidul, ini mendirikan Sukarno Foundation atau lebih dikenal dengan Sukarno Festival. Terbentuk pada 2019, para anggotanya terdiri dari akademisi dan pengagum Sukarno. “Misi kami, yakni melestarikan warisan pemikiran serta ajaran Bung Karno,” terang pemuda 30 tahun ini.

Sejak dibentuk, sejumlah event diselenggarakan. Baik itu event pameran kesenian, konser musik, seminar hingga dialog. Upi bersama rekan-rekannya berupaya keras menggaungkan warisan pemikiran serta ajaran Bung Karno kepada kaum milenial.

Untuk mengenalkan pemikiran Bung Karno kepada generasi milenial, tidak sekedar melalui seminar ataupun dialog. Upi dkk berupaya mengemasnya dengan hiburan serta pameran. Salah satunya seperti yang digelar pada 2022 lalu, yakni Sukarno Fest.

Sebelum itu, sejumlah event telah berhasil dilaksanakan. Di antaranya, 2020 Hybrid Di Jakarta tema Past Power, 2021 Hybrid di Jakarta dengan Tema Unity In Diversity. Kemudian dilanjutkan dengan tema Mustika Rasa. Pada 2022 lalu, digelar Pameran dan Konser musik bersama Deni Caknan, NDX AKA di Benteng Vasten Burg Solo.

Sebagai putra asli Blitar, Upi getol mengenalkan pemikiran serta ajaran tokoh idolanya tersebut ke seluruh penjuru Indonesia. Bahkan, hingga kancah Internasional. Seperti dalam waktu dekat ini akan digelar pameran Sukarno Festival di Paris, Perancis. “Ya, rencana ada pameran foto dan film Bung Karno di Paris 5 dengan teman Sukarno Sang Revolusioner. Dilaksanakan mulai 31 Januari hingga 10 Februari 2023,” ungkap Staf Ahli DPRD Provinsi Jawa Timur (Jatim) ini.

Seperti beberapa waktu lalu, Upi dkk menemui Wali Kota Blitar Santoso membahas rencana pameran tersebut di Paris, Perancis. Upi ingin mengajak seniman ataupun warga Kota Blitar yang ingin berpartisipasi dalam pameran di Paris akhir Januari nanti.”Makanya, saya ketemu pak wali aga bisa mengajak warganya untuk turut memeriahkan pameran,” terang pria yang juga aktif sebagai Pendamping Desa Wisata dan Kreatif Jatim ini.

Menggelar event Sukarno Festival di kancah Internasional memang menjadi salah satu misinya. Rencananya, pada Juni nanti atau momen Bulan Bung Karno, Upi kembali menggelar event di Paris. “Rencananya ada agenda besar APEKSI (Asosisi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) juga di sana. Makanya, sekalian kami gelar pameran,” terang kreator film.

Di Blitar, agenda besar di Bulan Bung Karno juga menanti. Pun juga beberapa daerah lain di Indonesia. Melalui Sukarno Festival, Upi ingin terus menggelorakan semangat nasionalisme dan patriotisme kepada di masyarakat khususnya generasi muda. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.