Semakin Dekat dengan Pembaca

Usai Donor, Komunitas di Tulungagung Sisir Jalur Kota Bagikan Sembako untuk Pahlawan Jalanan

Tulungagung – Belasan komunitas di Tulungagung Jawa Timur kompak membagikan sembako untuk untuk para penjaga pintu rel kereta api hingga tukang penyeberang jalan. Komunitas anak motor Bold Riders dan fans club ini sebelumnya tur keliling kota sambil mencari para pekerja yang dianggap sebagai pahlawan jalanan tersebut.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang digelar oleh Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) di Tulungagung. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022, yakni dengan menggelar kegiatan donor darah dan kegiatan sosial lainnya secara serentak di 82 kota di Indonesia mulai awal hingga pertengahan November 2022.

“Untuk di Tulungagung teman-teman komunitas menggelar berbagai kegiatan sosial, sekaligus kita memaknai hari pahlawan dengan memberikan apresiasi kepada orang-orang yang berjasa, seperti penjaga palang pintu kereta api, termasuk orang-orang yang membantu menyeberang jalan,” kata Koordinator acara di Tulungagung, Bintan Prayunantyo, didampingi Arif Setiawan, Senin (28/11).

Komunitas yang terdiri dari anak motor Bold Riders dan sebagian fans club sebelumnya menyisir jalur-jalur kota di Tulungagung sekaligus menggelar rolling city atau tur keliling kota. Saat menemui tukang penyeberang jalan dan petugas penjaga perlintasan rel kereta api ini, komunitas memberikan bingkisan sembako. Komunitas sangat menikmati kegiatan tersebut, terlebih selama ini mereka dikenal sebagai komunitas yang memiliki semangat solidaritas dan jiwa sosial yang tinggi.

“Komunitas kemudian ikut donor darah ke kantor PMI, teman-teman komunitas juga ke TMP (taman makam pahlawan) berdoa bersama,” jelasnya.

Saat menunggu antrean donor darah di PMI, pihaknya juga menyediakan game-game menarik untuk para komunitas dengan hadiah menarik seperti barang elektronik, kipas, setrika dan lainnya. Kegiatan ini rutin digelar setiap tahun sekali, dan tahun ini memasuki tahun ketiga dengan mengusung tema kepahlawanan.

Total ada lebih dari 100 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, namun karena ada syarat tensi darah dan faktor kebugaran, tidak semua peserta bisa diambil darahnya. Total ada 71 kantong darah yang berhasil disumbangkan komunitas.

“Kami ucapkan terima terima kasih kepada seluruh komunitas dan masyarakat umum yang ikut terlibat. Terima kasih juga kepada PMI,” ungkapnya.

Komunitas yang terlibat dalam kegiatan ini adalah klub motor Bold Riders yakni CBR Club Indonesia (CCI) Tulungagung, Red Ninja Indonesia (RNI) Tulungagung, Yamaha N-Max Club Indonesia (YNCI) Tulungagung, Yamaha R-Series Owners Club (YROC) Tulungagung, Japs & Bratstyle Indonesia (JBI) Tulungagung.

Kemudian fans club Arsenal Indonesia Supporters Tulungagung (AISTA), Chelsea Indonesia Supporters Club (CISC) Tulungagung, Indobarca Chapter Tulungagung, Inter Club Indonesia (ICI) Tulungagung, Juventus Club Indonesia (JCI) Tulungagung, Liverpool Football Club (LFC) Tulungagung, Madridsta Indonesia Regional Tulungagung, Milanisti Indonesia Tulungagung, Roma Club Tulungagung (RCT), dan United Indonesia Tulungagung (UITA).
Program donor darah Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 ini digelar serentak di seluruh Indonesia Timur mulai 29 Oktober sampai 13 November 2022 kemarin.

Total ada 750 komunitas tersebar di 82 Kabupaten/Kota di Indonesia Timur, mereka tergabung dalam Kolaborasi KITA. Jumlah kota ini tersebar di 15 provinsi.Tahun ini kegiatan sosial tersebut mengambil tema kepahlawanan yakni KITA adalah Pahlawan.

Program tersebut menghasilkan 3.085 kantong darah dari total pendaftar 5.894 orang. Atas raihan ini Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan dua penghargaan sekaligus, yakni pertama penghargaan rekor sebagai donor darah terbesar yang dilakukan komunitas. Kemudian rekor kedua yakni donor di provinsi terbanyak, yakni donor darah secara paralel dalam kurun waktu dua minggu di 15 provinsi.*

Leave A Reply

Your email address will not be published.