Semakin Dekat dengan Pembaca

Usulkan Bangun Flyover di Perlintasan KA

KOTA BLITAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar mengusulkan pembangunan flyover di dua titik di perlintasan sebidang kereta api (KA). Yakni berada di Jalan Tanjung dan Jalan Imam Bonjol.

Dua jalan itu merupakan jalan nasional dan jalan provinsi. Adanya flyover nantinya bisa mencegah kecelakaan di perlintasan sebidang KA. “Ya, usulan itu sudah kami masukkan di RPJMD (rencana pembangunan jangka menengah daerah, Red),” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar Juari.

Rencana pembangunan flyover itu akan diusulkan ke pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim). Sebab, kewenangan perbaikan dua jalan tersebut berada di tangan pemerintah dan pemprov. “Kami juga sudah siapkan kajiannya. Pembangunan nanti tergantung dari pemerintah pusat maupun pemprov,” ujar pria ramah itu.

Pembangunan flyover itu diharapkan bisa mengurangi risiko kecelakaan di perlintasan kerata api sebidang. Di samping itu, meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api. Pembangunan flyover itu amat penting, karena berkaca pada sebagian daerah lain di Jatim yang turut membanguan flyover.

Dishub masih akan berkomunikasi lebih lanjut dengan pemerintah pusat serta pemprov terkait rencana pembangunan itu. Pemkot bakal menyiapkan anggaran khusus apabila nanti ada pembebasan lahan.

Sebelumnya, pemkot Blitar sudah membangun lima palang pintu di lima titik ruas jalan. Kelimanya berada di Jalan Tanjung, Jalan Nias Jalan, dan Jalan Bengawan Solo. Sedangkan untuk dua titik lainnya sedang diusulkan ke pemerintah untuk dibahas lebih lanjut,” terangnya.

Selain itu, pemasangan rambu-rambu di perlintasan KA dan menutup sejumlah perlintasan sebidang liar di Kota Blitar. Itu sesuai komitmen dengan pemkot untuk meningkatkan keselamatan masyarakat di jalan raya. “Jangan sampai masyarakat itu mati sia-siap karena kecelakaan di perlintasan,” tandasnya. (sub/wen)

Leave A Reply

Your email address will not be published.