Semakin Dekat dengan Pembaca

Vaksinasi PMK Diprioritaskan Pada Sapi Perah, Telah Tersalur Sebanyak 22.334 Ekor Sapi

TULUNGAGUNG – Ribuan ekor sapi di Kabupaten Tulungagung sejak sepekan lalu telah mendapatkan suntikan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Kawasan prioritas yang dilakukan vaksinasi yakni Sendang dan Pagerwojo. Pelayanan pemberian vaksin diprioritaskan pada sapi perah.

“Selama sepekan pelaksanaan vaksinasi PMK di dua wilayah yakni Kecamatan Sendang dan Pagerwojo, saat ini vaksin PMK per 30 Juni, telah di distribusikan sebanyak sekitar 22.334 ekor sapi di dua kawasan tersebut,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Tulungagung, Mulyanto.

Pemberian vaksin difokuskan pada dua daerah tersebut karena dirasa mayoritas di daerah tersebut adalah peternak sapi perah. Namun, Mulyanto juga menjelaskan bahwa sapi potong juga dapat divaksinasi asalkan sehat.

“Vaksinasi dilakukan sesui dengan KK, asalkan disana, tentu kami layani,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mulyanto mengatakan bahwa sapi yang telah divaksinasi tidak perlu diberikan vitamin. Mengingat pemberian antibiotik maupun vitamin hanya diperuntukkan bagi sapi yang bergejala PMK.

“Kabupaten Tulungan mendapat jatah sebanyak 40 ribu vaksin PMK dan Pemprov Jatim memberikan jatah agar sebelum hari raya seluruh vaksin sudah terdistribusikan, tentu kami akan mengupayakan,” tukasnya. (ain/zaq)

Leave A Reply

Your email address will not be published.