Semakin Dekat dengan Pembaca

Wabup Apresiasi IKAWATI BPN Kabupaten Blitar

KABUPATEN BLITAR – Bazar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang diinisiasi oleh Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (IKAWATI) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Blitar mendapat apresiasi Wakil Bupati (Wabup) Rahmat Santoso. Kegiatan yang digelar di halaman kantor ATR/BPN Kabupaten Blitar dalam rangka menyambut Hari Nasional Tata Ruang (Hantaru) dibuka untuk umum kemarin (22/9).

Wabup Rahmat Santoso menyatakan apresiasi dan berterima kasih atas segala upaya yang dilakukan BPN Kabupaten Blitar untuk membangkitkan sektor ekonomi pascaterdampak pandemi Covid-19. Ini sejalan dengan Panca Bhakti Bupati dan Wakil Bupati Blitar yang ke-4. Yakni, pengembangan potensi ekonomi daerah. Pengembangan kualitas produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) semakin baik serta sejalan dengan perkembangan teknologi untuk memasarkan produk.

“Kami berupaya maksimal mengangkat potensi ekonomi yang ada di Kabupaten Blitar melalui program one village one product (OVOP). Ini sebagai daya ungkit perekonomian masyarakat Kabupaten Blitar,” ujarnya.

Sosok yang akrab disapa Makdhe Rahmat ini juga mengulas ungkapan Presiden Joko Widodo, bahwasanya harus bangga membeli dan mendukung produk dalam negeri. Langkah ini terus digaungkan di Bumi Penataran lantaran besarnya potensi perekonomian masyarakat. Sesuai dengan tema bazar yang diusung, “Bersama IKAWATI Kantor Pertanahan Kabupaten Blitar, UMKM Naik kelas dan Bangkit Melesat”.

“Kita harus dukung mereka supaya produk UMKM Kabupaten Blitar naik kelas dan bangkit melesat. Harapannya, produk UMKM Kabupaten Blitar bisa berdaya saing dan masuk pasar global,” terangnya.

 

UPAYA BANGKIT: Wabup Rahmat (kanan) mengunjungi salah satu stan Bazar UMKM di Kantor BPN Kabupaten Blitar, kemarin (22/9). (HUMAS PROTOKOL FOR RADAR BLITAR)

 

Kepala BPN Kabupaten Blitar Sukidi mengatakan, terdapat 30 pelaku UMKM binaan yang ikut serta dalam bazar ini. Kegiatan tersebut tak lepas dari kepedulian IKAWATI terhadap UMKM di Kabupaten Blitar. PT Ladara Dharma Bakti sebagai mitra juga memberikan sejumlah sosialisasi terkait marketplace.

Pembukaan bazar dihadiri Ketua IKAWATI BPN Kanwil Jawa Timur Siti Rohma Jonahar. Menurut Sukidi, ada banyak poin penting yang disampaikan Siti Rohma. Salah satunya terkait ketelatenan pelaku usaha untuk tetap maju. Kepada para pebisnis, Siti berpesan selalu menciptakan inovasi baru agar produk dapat berkembang. “Pastinya harus optimistis agar produk kita bisa berkembang go nasional, go internasional,” ungkapnya.

Menurut dia, sejumlah perwakilan masyarakat menerima sertifikat tanah yang diberikan langsung oleh Wabup Rahmat dan Ketua IKAWATI BPN Kanwil Jawa Timur Siti Rohma Jonahar. Fungsi BPN yakni legalisasi aset dengan menerbitkan sertifikat PTSL. Tahun ini pihaknya menargetkan penyaluran 67.500 sertifikat. Masyarakat yang menerima sertifikat ini pastinya harus bisa memanfaatkan dengan baik.

“Langkah ini juga perlu didukung oleh OPD. Kami juga bina dua kelurahan dengan tujuh UMKM asal Kecamatan Nglegok. Ini salah satu upaya kami,” tandasnya. (luk/c1/ady)

Leave A Reply

Your email address will not be published.