Semakin Dekat dengan Pembaca

Waduh, Waiting List Haji Tulungagung Mengular sampai 32 Tahun

TULUNGAGUNG – Masyarakat Tulungagung yang ingin menunaikan ibadah haji harus lebih banyak bersabar. Karena hingga kini, belum ada kepastian tentang kapan pintu haji dibuka.

“Belum ada kepastian tahun ini (2022, Red) ada atau tidak. Sebab, keputusan penyelenggaraan haji merupakan kewenangan Pemerintah Arab Saudi,” ucap Plt Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Tulungagung Supriyanto.

Meski belum ada kepastian, animo masyarakat untuk bisa menunaikan rukun Islam kelima itu terbilang tinggi. Bahkan, kondisi tersebut membuat antrean (waiting list) haji semakin mengular. Di Kota Marmer, waktu tunggu sudah sampai 32 tahun. Artinya, jika daftar tahun 2022 ini, maka bisa berangkat tahun 2054.

“Apalagi 2 tahun kemarin ditiadakan. Jadi antrean semakin panjang,” ucapnya.

Berdasarkan data terkini, jumlah waiting list di Kabupaten Tulungagung sebanyak 31.306 calon jamaah. Sedangkan kuota haji yang diterimakan rata-rata 1000-an porsi.

“Kemarin (2021, Red) karena pandemi Covid-19, pendaftaran kita dibatasi. Sehari 10 pendaftar. Namun, sekarang kita bebaskan sehingga berpotensi antreannya semakin bertambah,” tandasnya. (dfs/lil)

Leave A Reply

Your email address will not be published.