Semakin Dekat dengan Pembaca

Wagub Emil Dardak Soroti Pemindahan Pasien RSUD dr Soedomo: Gedung Baru Lebih Aman

TRENGGALEK – Pemindahan pasien ke gedung baru itu disorot Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Emil Elestianto Dardak. Emil, sapaannya, terkesima dengan pemanfaatan gedung yang tepat momentumnya. “Gedung baru rumah sakit yang dibangun ini bisa juga menjadi tempat menyegerakan pemindahan pasien-pasien,” ungkapnya saat kunjungan kerja ke Trenggalek kemarin (19/10).

Suami Arumi Bachsin itu mengatakan, pemindahan ke gedung baru itu bukan tanpa alasan. Karena itu akan menambah rasa aman dan tidak mengurangi intensitas penanganan kepada para pasien. “Memang kita khawatir ada yang benar kebanjiran, sehingga dipindahkan ke gedung ini, yang ICU (pasien),” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Kasi Kelembagaan RSUD dr Soedomo Trenggalek Lili Absari menyebut, pasien yang dipindahkan ke gedung baru pada saat banjir (Selasa, 18/10), meliputi 8 pasien IGD, 6 pasien ICU, 5 pasien dari Flamboyan, 12 pasien dari Raflesia, 24 dari Seruni, 13 pasien dari Nakula, dan 17 pasien dari unit stroke. “Tapi sebagian sudah dinyatakan aman untuk kembali di ruang ICU, di gedung lama,” tambahnya.

Pandangan mantan Bupati Trenggalek itu pun ditangkap oleh Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin. Menurut Bupati Arifin, desain gedung baru RSUD dr Soedomo lebih tinggi dari garis banjir tertinggi pada 2006 lalu sehingga bisa dibuat tempat pemindahan para pasien. “Dari awal pembangunan, desain itu memang lebih tinggi dari garis banjir 2006. Makanya, ketika RS lama ini terendam, cukup membantu. Meski belum terpenuhi alkes 100 persen, kita masih bisa geser dan gunakan untuk menampung pasien-pasien, khususnya darurat-darurat dan sebagainya,” jelasnya. (tra/c1/rka)

Leave A Reply

Your email address will not be published.