Semakin Dekat dengan Pembaca

Wali Kota Blitar Segera Diperiksa Lagi, Butuh Keterangan Tambahan untuk Gali Motif

KOTA BLITAR – Penyidikan kasus perampokan yang terjadi di rumah dinas (rumdin) Wali Kota Blitar masih berlanjut. Kepolisian masih berupaya mendalami sejumlah dugaan yang muncul.

Itu termasuk pengalaman motif dari aksi perampokan tersebut. Kepolisian segera melakukan pemeriksaan tambahan lagi terhadap saksi-saksi. Tak menutup kemungkinan Wali Kota Blitar Santoso beserta istri turut dimintai keterangan kembali.

Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono mengatakan, pemeriksaan tambahan itu diperlukan untuk penyesuaian terhadap petunjuk-petunjuk serta bukti-bukti yang ada. Termasuk menjawab sejumlah dugaan yang berkembang. “Jika keterangan tambahan ini sudah ada, nanti kan mengerucut. Termasuk mengenai motif,” terangnya kepada Koran ini.

Motif yang sedang didalami adalah mengenai alasan komplotan perampok asal luar daerah itu memilih rumdin Wali Kota Blitar sebagai sasaran perampokan. Sejauh ini, motif yang terungkap dari pelaku adalah ekonomi. Para pelaku beralasan hanya mengincar uang.

Terkait pemeriksaan tambahan terhadap saksi-saksi, jelas Argo, segera dilakukan dalam waktu dekat. Pemeriksaan dilakukan oleh jajaran Satreskrim Polres Blitar Kota beserta penyidik Polda Jatim. “Meski sudah diambil alih polda, kami tetap berkolaborasi karena memang TKP berada di Kota Blitar,” terang perwira berpangkat dua melati ini.

Sebelumnya diberitakan, tiga dari lima pelaku perampokan rumdin Wali Kota Blitar akhirnya berhasil dibekuk. Para pelaku itu ditangkap di lokasi yang berbeda. Pertama, polisi menangkap MJ, otak perampokan, di salah satu penginapan di Kota Bandung, Jawa Barat.

Dari penangkapan MJ, tim Jatanras Polda Jatim lanjut bergerak meringkus tersangka AJ di salah satu SPBU di Jombang, Jawa Timur. Sehari setelahnya, giliran polisi mencokok ASM di kamar kos saudaranya di Kota Medan, Sumatera Utara. Masih ada dua pelaku lain yang sedang dikejar oleh tim jatanras.

Komplotan perampok tersebut beraksi pada 12 Desember 2022. Mereka menyatroni rumdin Wali Kota Blitar pukul 03.00 dengan melumpuhkan tiga petugas banpol, Wali Kota Blitar Santoso beserta istri. Setelah pelaku berhasil menyekap petugas banpol, wali kota beserta istri, para perampok ini langsung menggasak perhiasan emas serta uang ratusan juta rupiah. (sub/c1)

Leave A Reply

Your email address will not be published.