Semakin Dekat dengan Pembaca

Wali Kota Cup Masih Tanda Tanya

KOTA BLITAR – Niat menambah jumlah atlet, Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kota Blitar masih mempertimbangkan banyak hal. Tak pelak, rencana penjaringan atlet melalui gelaran Wali Kota Cup masih dikaji oleh pengurus induk cabor.

Sekretaris ISSI Kota Blitar Agus Prianto mengatakan, Wali Kota Cup rutin digelar setiap tahun. Namun, induk cabor terpaksa meniadakan event ini dalam dua tahun terakhir. Alasannya tentu karena pandemi Covid-19.

“Kita gelar di Yonif 511/DY. Setiap tahun kita bisa melakukan penjaringan atlet dari event itu. Dan, kami melihat proses penjaringan atlet menjadi cukup efektif karena kita bisa tarik tiga sampai lima atlet dari satu event,” bebernya.

Namun, pria yang akrab disapa Yanto ini mengaku belum bisa memastikan kapan ISSI kembali menggelar Wali Kota Cup. Sebab, hal itu sangat bergantung pada jumlah anggaran, sarana prasarana (sarpras), dan animo masyarakat.

Secara umum, induk cabor menilai ada peningkatan animo masyarakat terhadap olahraga bersepeda, khususnya dalam 2-3 tahun belakangan. Namun, itu tidak berbanding lurus dengan keinginan masyarakat untuk ikut bergabung ke induk cabor. “Karena itu, kami belum tahu apakah bisa digelar tahun ini atau tahun depan,” akunya.

Padahal, induk cabor perlu segera melakukan penjaringan atlet. Itu penting agar ISSI punya banyak “amunisi” sebelum turun di berbagi kejuaraan. Dengan demikian, proses pembinaan atlet di berbagai kelompok usia bisa diterapkan secara optimal. “Kan harus berjenjang. Setiap kejuaraan punya batas usia atlet,” ungkapnya.

Untuk diketahui, ISSI Kota Blitar menurunkan sebanyak empat atlet di Porprov VIII Jatim tahun depan. Dari empat atlet yang diproyeksikan, semuanya merupakan atlet putra. Adapun satu atlet putri yang dibina oleh ISSI tidak bisa diikutsertakan. Sebab, atlet yang dimaksud berusia di atas batas yang ditentukan di porprov tahun depan. Setidaknya hal ini menjadi sinyal bagi induk cabor untuk menyegerakan regenerasi atlet. (dit/c1/ady)

Leave A Reply

Your email address will not be published.