Semakin Dekat dengan Pembaca

Wisata Terbaru Tulungagung Pantai Nglinci bak Surga Tersembunyi, Medan Sulit Perlu Pembenahan

TULUNGAGUNG – Bumi Gayatri tidak kehabisan dalam mengeksplor keindahan alamnya, terutama di Desa/Kecamatan Pucanglaban. Lantaran dua bulan lalu baru membuka wisata alam baru, yakni Pantai Nglinci. Namun, akses menuju pantai masih perlu pembenahan.

Padahal, beberapa minggu setelah dibuka, akses menuju Pantai Nglinci masih bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat. Lantaran cuaca tidak bersahabat, membuat tebing dekat pantai longsor. Sampai kini, akses menuju pantai yang ada di bawah sejauh 50 meter harus ditempuh dengan jalan kaki.

Lokasi pantai ini dekat dengan proyek jalur lintas selatan (JLS) sehingga bisa melihat proyek pembangunan jalan tersebut. Jalan masih tergolong aman memasuki Desa Pucanglaban hingga proyek JLS. Akses yang dirasa perlu kehati-hatian ini yaitu setelah menemukan warung makan di selatan proyek JLS, lantaran menuju pantai harus turun.

“Sebenarnya saat awal dibuka banyak yang telah berkunjung ke Pantai Nglinci. Tapi karena hujan hingga membuat material tanah turun ke pantai dan menutupi jalan, kini lumayan sepi. Bahkan, orang dari Kampung Inggris Pare pernah ke Pantai Nglinci,” tutur pengelola Pantai Nglinci, Tulus, kemarin (8/12).

Dia mengaku sedang mempersiapkan beberapa fasilitas untuk Pemerintah Kecamatan Boyolangu yang berencana berwisata ke Pantai Nglinci pada Jumat (9/12) ini. Bahkan, terlihat petugas yang mencangkul untuk sedikit meratakan jalan agar akses menuju pantai mudah dilewati.

Mantan Kepala Desa Pucanglaban dua periode ini menceritakan bahwa Pantai Nglinci memiliki pemandangan air terjun yang hanya bisa dinikmati secara jauh. Tidak hanya itu, masih di area pantai terdapat goa sepanjang 500 meter. Apalagi, Pantai Nglinci memiliki pasir putih dan lebih luas daripada pantai lain di Desa Pucanglaban.

“Sebenarnya, Pantai Nglinci sudah ada lama sebelum Pantai Kedungtumpang terkenal. Karena akses sulit, kalah dengan pantai lain. Padahal, pemandangannya bisa bersaing dengan pantai lain,” ungkap Tulus.

Sementara itu, pengelola lainnya yakni Sugeng Wawan mengatakan, akses menuju Pantai Nglinci akan lebih mulus ketika selesainya proyek JLS. Namun, itu bisa dinikmati masyarakat yang memiliki niat berwisata alam.

Guna mempersiapkan libur Natal dan Tahun Baru mendatang, pihaknya akan mengebut untuk memperbaiki akses jalan. Selain itu, juga menambahkan beberapa fasilitas seperti gazebo dan spot foto yang ikonik. Dia siap menampung ide dari pengunjung dan masyarakat lain untuk kemajuan Pantai Nglinci. “Saya berharap Pantai Nglinci bisa menjadi pantai unggulan di Tulunggagung,” pungkasnya.(jar/c1/din)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.