Semakin Dekat dengan Pembaca

Wow, Dana Hibah Ormas yang Digelontorkan Pemkab Tulungagung Capai Rp 2,4 Miliar

TULUNGAGUNG – Tahun ini Pemkab Tulungagung memperketat penerimaan dana hibah organisasi masyarakat (ormas). Pagu dana ormas sebesar Rp 2,4 miliar tersebut hanya diberikan kepada lembaga yang sudah memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Tulungagung Bambang Triono mengatakan, pada 2022 dana ormas mencapai Rp 2,4 miliar yang bersumber dari APBD. Jumlah dana tersebut bersumber dari dua pintu, yakni anggaran dari Bakesbangpol Tulungagung Rp 985 juta dan DPRD Tulungagung Rp 1,415 miliar.

“Kalau dana ormas dari bakesbangpol, pengajuannya harus ke bakesbangpol. Sedangkan untuk anggaran dari dewan harus diajukan ke dewan, yang nantinya akan diberikan kepada ormas melalui bakesbangpol,” tuturnya.

Dia menjelaskan, ormas yang mengajukan dana tersebut harus memenuhi persyaratan. Di antaranya harus tercatat di Kemenkumham. Selain itu, juga harus memiliki AD/ART dan mencantumkan anggaran. Namun yang paling utama tercatat pada kementerian sehingga terbukti legalitas dari ormas tersebut.

“Tahun ini diperketat syaratnya. Namun, sudah 29 ormas yang telah mengajukan proposal untuk mendapatkan dana ormas tersebut,” tandasnya. (jar/dfs/lil)

Leave A Reply

Your email address will not be published.