Home Edukasi Pengertian Jangka Sorong: Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakan

Pengertian Jangka Sorong: Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakan

by Ferdi

Jangka sorong adalah salah satu alat ukur yang sangat penting dalam berbagai bidang, termasuk teknik, manufaktur, dan permesinan. Dengan akurasi yang tinggi, jangka sorong digunakan untuk mengukur dimensi benda dengan presisi yang sangat baik. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail mengenai pengertian jangka sorong, fungsi-fungsi pentingnya, serta cara menggunakan alat ini dengan benar.

Pengertian Jangka Sorong

Jangka sorong adalah alat ukur presisi yang digunakan untuk mengukur jarak antara dua titik pada suatu benda dengan akurasi yang tinggi. Alat ini terdiri dari dua lengan, yaitu lengan tetap dan lengan geser. Lengan tetap berfungsi sebagai patokan tetap, sedangkan lengan geser dapat digerakkan untuk mengukur jarak yang diinginkan. Dalam pengukuran, jangka sorong menggunakan prinsip dasar trigonometri untuk menghasilkan ukuran yang akurat.

Jangka sorong umumnya memiliki dua skala pengukuran, yaitu skala utama dan skala nonius. Skala utama terdapat pada lengan tetap dan digunakan untuk membaca ukuran utama, sedangkan skala nonius terdapat pada lengan geser dan digunakan untuk membaca ukuran tambahan yang lebih presisi. Dengan cara membaca kedua skala ini, kita dapat mengukur benda dengan akurasi hingga satuan desimal atau lebih kecil.

Fungsi Jangka Sorong

Jangka sorong memiliki berbagai fungsi penting dalam dunia teknik dan manufaktur. Salah satu fungsi utamanya adalah untuk mengukur dimensi suatu benda dengan akurasi yang tinggi. Alat ini digunakan untuk mengukur panjang, ketebalan, diameter, dan kedalaman suatu benda. Dalam industri otomotif, jangka sorong sering digunakan untuk mengukur ketebalan plat, diameter poros, dan jarak antara komponen-komponen mesin.

Selain itu, jangka sorong juga digunakan dalam proses manufaktur untuk memeriksa keakuratan dan kualitas produk. Alat ini dapat digunakan untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan memiliki dimensi yang sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan. Dalam proses permesinan, jangka sorong digunakan untuk mengukur toleransi dimensi dan memastikan bahwa komponen-komponen mesin terpasang dengan tepat.

Cara Menggunakan Jangka Sorong

Penggunaan jangka sorong yang benar sangat penting agar hasil pengukuran akurat. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan jangka sorong dengan tepat:

1. Persiapan

Sebelum mengukur, pastikan permukaan benda yang akan diukur bersih dari kotoran atau minyak. Membersihkan permukaan benda dapat dilakukan dengan menggunakan lap bersih atau bahan pembersih yang sesuai. Selain itu, pastikan jangka sorong dalam keadaan tertutup dan kancing pengunci dalam posisi terlepas.

2. Menempatkan Benda

Tempatkan benda yang akan diukur di antara lengan tetap dan lengan geser jangka sorong. Pastikan benda berada di posisi yang stabil dan tidak bergeser saat pengukuran dilakukan.

3. Membaca Skala Utama

Baca angka pada skala utama yang terdapat pada lengan tetap jangka sorong. Skala utama biasanya memiliki satuan ukur yang ditunjukkan oleh garis-garis besar yang terdapat pada skala tersebut. Pastikan untuk membaca angka dengan tepat dan akurat.

4. Membaca Skala Nonius

Setelah membaca skala utama, perhatikan skala nonius yang terdapat pada lengan geser jangka sorong. Skala nonius biasanya terdiri dari garis-garis yang lebih kecil dan memiliki satuan ukur yang lebih presisi. Pilih garis pada skala nonius yang sejajar dengan garis pada skala utama dan baca angka yang sesuai pada skala nonius. Angka pada skala nonius menunjukkan ukuran tambahan yang lebih presisi.

5. Menghitung Hasil Pengukuran

Untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat, gabungkan angka pada skala utama dan skala nonius. Hitung jumlah angka pada skala utama dengan jumlah angka pada skala nonius yang sejajar. Hasil pengukuran merupakan kombinasi dari angka pada skala utama dan angka pada skala nonius.

6. Mengulangi Pengukuran

Untuk memastikan keakuratan hasil pengukuran, lakukan pengukuran beberapa kali dan periksa hasilnya. Jika hasil pengukuran berbeda antara pengukuran pertama dan pengukuran berikutnya, lakukan pengukuran tambahan untuk memastikan hasil yang konsisten.

7. Menyimpan Jangka Sorong

Setelah selesai menggunakan jangka sorong, pastikan untuk membersihkannya dari kotoran dan minyak. Gunakan lap bersih atau bahan pembersih yang sesuai untuk membersihkan alat. Simpan jangka sorong di tempat yang aman dan kering untuk mencegah kerusakan atau kehilangan. Selain itu, lakukan kalibrasi secara berkala untuk memastikan akurasi ukuran yang dihasilkan.

Kesalahan Umum dalam Menggunakan Jangka Sorong

Ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan saat menggunakan jangka sorong. Kesalahan-kesalahan tersebut dapat mempengaruhi akurasi hasil pengukuran. Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang perlu dihindari saat menggunakan jangka sorong:

1. Tidak Menutup Lengan Geser dengan Benar

Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah tidak menutup lengan geser dengan benar saat melakukan pengukuran. Jika lengan geser tidak tertutup sempurna, hasil pengukuran akan tidak akurat. Pastikan lengan geser menutup secara penuh dan rapat saat melakukan pengukuran.

2. Tidak Membaca Skala dengan Tepat

Membaca skala jangka sorong dengan tepat sangat penting untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat. Kesalahan dalam membaca skala dapat mengakibatkan perbedaan hasil pengukuran yang signifikan. Pastikan untuk membaca angka pada skala utama dan skala nonius dengan cermat dan akurat.

3. Tidak Menempatkan Benda dengan Stabil

Jika benda yang akan diukur tidak ditempatkan dengan stabil di antara lengan tetap dan lengan geser jangka sorong, hasil pengukuran akan tidak akurat. Pastikan benda terletak dengan stabil dan tidak bergeser saat pengukuran dilakukan.

4. Tidak Mengulangi Pengukuran

Untuk memastikan keakuratan hasil pengukuran, penting untuk melakukan pengukuran beberapa kali dan memeriksa hasilnya. Jika hasil pengukuran berbeda antara pengukuran pertama dan pengukuran berikutnya, lakukan pengukuran tambahan untuk memastikan hasil yang konsisten. Jika hasil pengukuran masih bervariasi, periksa ulang cara menggunakan jangka sorong.

Perbedaan Antara Jangka Sorong dan Mikrometer

Meskipun jangka sorong dan mikrometer keduanya merupakan alat ukur presisi, keduanya memiliki perbedaan dalam cara penggunaan dan tujuan pengukuran. Perbedaan-perbedaan tersebut antara lain:

Cara Penggunaan

Jangka sorong digunakan dengan cara mengukur jarak antara dua titik pada suatu benda, sedangkan mikrometer digunakan dengan cara mengukur ketebalan atau diameter suatu benda. Jangka sorong menggunakan dua lengan yang dapat digerakkan, sedangkan mikrometer menggunakan ratchet atau sekrup mikrometer untuk menggerakkan ukuran pengukuran. Selain itu, mikrometer dilengkapi dengan skala tambahan yang lebih presisi, seperti skala mikrometer atau skala vernier.

Tujuan Pengukuran

Jangka sorong umumnya digunakan untuk mengukur dimensi objek yang lebih besar, seperti panjang, ketebalan, dan diameter. Alat ini lebih cocok digunakan untuk objek dengan dimensi yang lebih besar dan pengukuran yang tidak membutuhkan akurasi yang sangat tinggi. Sementara itu, mikrometer lebih cocok digunakan untuk mengukur dimensi yang lebih kecil dan membutuhkan akurasi yang lebih tinggi, seperti ketebalan material yang sangat tipis atau diameter yang sangat kecil.

Aplikasi

Jangka sorong umumnya digunakan dalam industri manufaktur, konstruksi, dan permesinan. Alat ini sering digunakan untuk mengukur dimensi komponen mesin, ketebalan material, dan panjang objek. Sementara itu, mikrometer lebih sering digunakan dalam industri presisi, seperti manufaktur optik, manufaktur perhiasan, dan penelitian ilmiah. Mikrometer digunakan untuk mengukur ketebalan film tipis, diameter kawat sangat halus, atau dimensi presisi lainnya.

Aplikasi Jangka Sorong dalam Berbagai Bidang

Jangka sorong memiliki berbagai aplikasi dalam berbagai bidang, baik itu dalam industri maupun dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan jangka sorong dalam bidang-bidang tertentu:

1. Industri Manufaktur

Dalam industri manufaktur, jangka sorong digunakan untuk mengukur dimensi komponen mesin, seperti panjang, diameter, dan ketebalan. Alat ini juga digunakan untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan. Dalam industri otomotif, jangka sorong digunakan untuk mengukur ketebalan plat, diameter poros, dan jarak antara komponen-komponen mesin.

2. Konstruksi

Dalam industri konstruksi, jangka sorong digunakan untuk mengukur dimensi struktur bangunan, seperti panjang, lebar, dan ketebalan material. Alat ini membantu memastikan bahwa bangunan dibangun dengan akurasi yang tinggi dan sesuai dengan perencanaan.

3. Elektronik

Dalam bidang elektronik, jangka sorong digunakan untuk mengukur dimensi komponen elektronik, seperti panjang kabel, diameter kawat, dan ketebalan papan sirkuit. Alat ini membantu memastikan bahwa komponen elektronik dirakit dengan presisi yang tinggi dan sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan.

4. Manufaktur Optik

Dalam industri manufaktur optik, jangka sorong digunakan untuk mengukur dimensi lensa, cermin, dan komponen optik lainnya. Alat ini memastikan bahwa komponen optik memiliki dimensi yang presisi dan sesuai dengan kebutuhan optik.

5. Penelitian Ilmiah

Dalam penelitian ilmiah, jangka sorong digunakan untuk mengukur dimensi objek yang sangat kecil, seperti diameter partikel atau ketebalan film tipis. Alat ini membantu peneliti untuk mendapatkan data yang akurat dan presisi dalam penelitian mereka.

6. Pekerjaan Bengkel

Dalam pekerjaan bengkel, jangka sorong digunakan untuk mengukur dimensi komponen kendaraan, seperti diameter piston, ketebalan rem, dan panjang baut. Alat ini membantu mekanik dalam memperbaiki kendaraan dengan akurasi yang tinggi dan memastikan bahwa komponen kendaraan terpasang dengan tepat.

Dalam kesimpulan, jangka sorong adalah alat ukur presisi yang digunakan untuk mengukur dimensi benda dengan akurasi yang tinggi. Dalam artikel ini, kita telah membahas pengertian jangka sorong, fungsi-fungsi pentingnya, serta cara menggunakan alat ini dengan benar. Selain itu, kita juga telah membahas perbedaan antara jangka sorong dan mikrometer, serta aplikasi jangka sorong dalam berbagai bidang. Dengan pemahaman yang baik tentang jangka sorong, diharapkan pembaca dapat menggunakan alat ini dengan tepat dan menghasilkan pengukuran yang akurat dalam berbagai bidang.

Related Posts

Leave a Comment

alep main slot mahjong ways sampai gila karena maxwin jutaan dibayar tunaisitus slot gacor gampang maxwin main slot olympus pasti bayarmental pemain slot itu sudah terbentuk ketika bermain slot gates of olympuspakai trik dan pola ini jika ingin menang bermain slot mahjong ways duabaru mengenal slot online langsung jackpot ratusan juta cair dalam 5 menitkamar impianku penuh dengan uang hasil jackpot slot gacor online ratusan juta langsung di bayarrobert mantan barista menemukan pola terbaik mahjong waysberanikan diri deposit sisa tabungan mba wanda maxwin di mahjong waysgandakan uang dengan jackpot slot online olympusmenemukan pola gacor slot online mahjong ways2slot starlight princess terbaik di tahun 2024rahasia maxwin ratusan juta dengan pola ajaib gates of olympus slot gacortips mengejar jp 100 juta dalam sehari dengan main slot mahjong ways di situs gacor pasti bayarrekomendasi slot anti rungkad jaminan selalu menang tiap harislot mudah menang untuk semua kalangan pemain di provider no limit citymenang besar di permainan slot starlight princess seribugudangnya akun slot online gacor pragmatic playmemancing scatter gratis demi dapatkan cuan di slot online princess x1000bersyukur ketika mendapatkan maxwin di scatter hitam mahjong wayskekuatan tangan zeus membawa petir keberuntungan maxwin besaralex jatuh cinta pada pandangan pertama dengan slot gacor online mahjong waysliburan dan belanja sampai puas diberi dari hasil jackpot besar di mahjong waysfantasi liar bang galuh buahkan hasil fantastis di mahjong waysfarrel anak usia 13 tahun yang hobi bermain mahjong waysslot online terbaikslot online paling gacorpermainan slot online naik daunrekomendasi permainan slot online pragmatic playbang bayu adakan pesta setelah maxwin di mahjong waystranformasi bang yoga dari si miskin menjadi si sultan berkat mahjong waysberlayar ke samudra demi mencari pola gacor slot online olympustabrakan beruntun pola gacor scatter hitam di slot online mahjong ways2trik menang slot langsung untuk semua pemain di semua providermenang puluhan juta di slot gates of olympus seribubeli head set gaming jutaan rupiah berkat jackpot dari slot gacor gates of olympusmelirik lirik gadis cantik sambil bermain slot online langsung jackpot besar di mahjong ways 3