Home Edukasi Dalam Penggunaan yang Luas, Pengertian Sejarah yang Tepat Adalah…

Dalam Penggunaan yang Luas, Pengertian Sejarah yang Tepat Adalah…

by Ferdi

Sejarah adalah salah satu disiplin ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa masa lalu dan dampaknya terhadap perkembangan manusia, masyarakat, dan peradaban. Dalam penggunaan yang luas, pengertian sejarah yang tepat dapat bervariasi tergantung pada konteksnya. Namun, secara umum, sejarah dapat diartikan sebagai rekaman atau narasi tentang peristiwa masa lalu yang dilakukan oleh seorang penulis sejarah.

Pengertian sejarah yang tepat sangat penting karena sejarah memiliki peran yang signifikan dalam memahami masa kini dan merencanakan masa depan. Sejarah membantu kita untuk mempelajari pelajaran berharga dari pengalaman masa lalu, menghargai warisan budaya dan peradaban yang ada, serta melacak asal-usul dan evolusi berbagai fenomena di dunia ini.

Table of Contents

Pengertian Sejarah dalam Perspektif Akademik

Sejarah sebagai Ilmu Pengetahuan Sosial

Sejarah dalam perspektif akademik dapat dipandang sebagai ilmu pengetahuan sosial yang memiliki metode dan pendekatan khusus dalam mempelajari peristiwa masa lalu. Sejarawan menggunakan bukti-bukti dan sumber-sumber yang dapat diverifikasi untuk menghasilkan penelitian yang akurat dan obyektif. Mereka melakukan penelitian, analisis, dan interpretasi terhadap berbagai sumber seperti dokumen tertulis, artefak, dan peninggalan arkeologi untuk mencapai pemahaman yang lebih mendalam tentang peristiwa sejarah.

Metode dalam Studi Sejarah

Dalam melakukan studi sejarah, sejarawan menggunakan metode-metode ilmiah yang mencakup pengumpulan data, kritik sumber, analisis, dan interpretasi. Mereka mengumpulkan berbagai jenis sumber informasi, seperti dokumen resmi, surat-surat, catatan harian, dan laporan saksi mata, untuk membangun narasi tentang peristiwa masa lalu. Kemudian, sejarawan melakukan analisis dan interpretasi terhadap sumber-sumber tersebut untuk memahami konteks, penyebab, dan dampak dari peristiwa yang mereka teliti.

Peran Sejarah dalam Memahami Perubahan Sosial

Sejarah juga memiliki peran penting dalam memahami perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat. Dengan mempelajari peristiwa-peristiwa masa lalu, sejarawan dapat melihat bagaimana kekuasaan, struktur sosial, dan hubungan antar kelompok telah berubah seiring waktu. Mereka dapat melacak perkembangan institusi, perubahan dalam norma dan nilai-nilai, serta pergeseran dalam distribusi kekuasaan. Hal ini membantu kita untuk memahami dinamika sosial yang ada saat ini, serta memprediksi kemungkinan perubahan di masa depan.

Sejarah sebagai Penelitian tentang Manusia

Sejarah juga dapat dipandang sebagai studi tentang manusia dan keberadaannya di dunia ini. Melalui studi sejarah, kita dapat mempelajari berbagai aspek kehidupan manusia seperti kebudayaan, politik, ekonomi, agama, dan sosial. Sejarah memberikan wawasan tentang bagaimana manusia berinteraksi dengan lingkungan dan sesama manusia, serta bagaimana mereka mengatasi tantangan dan mencapai kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan.

Sejarah sebagai Cerita tentang Masa Lalu

Penulisan Sejarah sebagai Proses Konstruksi Narasi

Sejarah juga dapat dipahami sebagai cerita atau narasi tentang peristiwa masa lalu yang disusun oleh seorang penulis sejarah. Dalam hal ini, sejarah memiliki unsur subjektivitas karena penulis sejarah dapat memilih dan menafsirkan informasi yang disampaikan sesuai dengan sudut pandangnya. Meskipun demikian, sejarah tetap berusaha untuk akurat dan obyektif dalam penyajian fakta-faktanya. Penulis sejarah menggunakan bukti-bukti dan sumber-sumber yang tersedia untuk membangun narasi yang kohesif dan informatif.

Penggunaan Sumber dalam Penulisan Sejarah

Penulis sejarah menggunakan berbagai jenis sumber untuk menyusun cerita tentang masa lalu. Mereka menggunakan dokumen tertulis, seperti catatan harian, surat-surat, dan laporan resmi, sebagai sumber utama informasi. Selain itu, mereka juga menggunakan sumber arkeologi, seperti artefak dan peninggalan fisik, untuk memperoleh wawasan tambahan tentang kehidupan dan budaya masa lalu. Dalam penggunaan sumber-sumber ini, penulis sejarah harus melihat keandalan, keakuratan, dan relevansi setiap sumber untuk memastikan kesahihan dan keobjektifan cerita yang mereka sampaikan.

Interpretasi dalam Penulisan Sejarah

Penulis sejarah juga melakukan interpretasi terhadap fakta-fakta yang mereka temukan dalam sumber-sumber yang mereka gunakan. Interpretasi ini melibatkan analisis dan penafsiran terhadap fakta-fakta sejarah untuk memahami konteks, penyebab, dan dampak dari peristiwa yang mereka ceritakan. Penulis sejarah harus berhati-hati dalam melakukan interpretasi agar tidak terjebak dalam bias atau sudut pandang yang sempit. Mereka perlu mempertimbangkan berbagai sudut pandang dan pendekatan yang berbeda untuk mencapai pemahaman yang lebih komprehensif tentang peristiwa masa lalu.

Sejarah sebagai Pembelajaran dari Masa Lalu

Memanfaatkan Pelajaran dari Masa Lalu

Salah satu tujuan utama mempelajari sejarah adalah untuk belajar dari pengalaman masa lalu. Sejarah memberikan pelajaran berharga tentang keputusan yang diambil oleh individu, kelompok, atau negara dalam menghadapi situasi dan tantangan tertentu. Melalui studi kasus peristiwa masa lalu, kita dapat melihat konsekuensi dari tindakan-tindakan tersebut dan mengidentifikasi pola-pola yang dapat membantu kita dalam mengambil keputusan yang lebih bijaksana di masa depan.

Keberlanjutan dan Perubahan dalam Sejarah

Sejarah juga mengajarkan kita tentang keberlanjutan dan perubahan yang terjadi dalam masyarakat. Melalui studi sejarah, kita dapat melihat bagaimana masyarakat menghadapi perubahan sosial, politik, dan ekonomi, serta bagaimana mereka beradaptasi dengan kondisi baru. Sejarah mengajarkan kita bahwa perubahan adalah hal yang tak terhindarkan, dan kemampuan untuk beradaptasi dan belajar dari perubahan tersebut sangat penting dalam menjaga kelangsungan hidup dan kemajuan masyarakat.

Memahami Penyebab dan Dampak Peristiwa Masa Lalu

Sejarah membantu kita dalam memahami penyebab dan dampak dari peristiwa masa lalu. Dengan mempelajari peristiwa-peristiwa tersebut, kita dapat melihat hubungan sebab-akibat antara kejadian-kejadian tertentu. Melalui pemahaman yang lebih dalam tentang penyebab dan dampak, kita dapat menghindari kesalahan yang sama di masa depan dan mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam menghadapi masalah dan konflik saat ini.

Menemukan Identitas dan Identifikasi dengan Masa Lalu

Sejarah juga membantu kita dalam menemukan identitas kita sebagai individu, kelompok, atau bangsa. Dengan mempelajari sejarah, kita dapat melacak asal-usul, perkembangan, dan perubahan yang terjadi dalam budaya, bahasa, adat istiadat, dan tradisi kita. Sejarah memperkuat rasa kebanggaan dan identitas nasional, serta memberikan kita pijakan dalam menjaga dan melestarikan war

Memperkuat Warisan Budaya

Sejarah juga memainkan peran penting dalam memperkuat warisan budaya suatu bangsa atau masyarakat. Melalui pemahaman tentang sejarah, kita dapat menghargai dan melestarikan warisan budaya yang ada. Kita dapat mempelajari tradisi, seni, dan kebudayaan yang telah ada sejak zaman dahulu kala. Sejarah membantu kita untuk memahami akar budaya kita dan menghormati nilai-nilai yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita.

Menjaga Identitas dan Keberagaman Budaya

Sejarah juga memainkan peran penting dalam menjaga identitas dan keberagaman budaya. Dalam studi sejarah, kita dapat melihat bagaimana berbagai kelompok etnis, agama, dan budaya hidup berdampingan dan saling berinteraksi. Sejarah mengajarkan kita tentang keberagaman yang ada di dunia ini dan menghormati perbedaan antar kelompok. Dengan memahami sejarah, kita dapat membangun toleransi dan kerjasama antar kelompok untuk menciptakan masyarakat yang inklusif dan harmonis.

Sejarah sebagai Landasan untuk Perencanaan Masa Depan

Mengidentifikasi Pola dan Tren

Melalui pemahaman sejarah, kita dapat mengidentifikasi pola dan tren yang muncul dari peristiwa masa lalu. Dengan melihat pola-pola ini, kita dapat meramalkan kemungkinan perubahan di masa depan. Misalnya, melalui studi sejarah ekonomi, kita dapat melihat pola perkembangan ekonomi suatu negara dan mengidentifikasi sektor-sektor yang memiliki potensi pertumbuhan di masa mendatang. Dengan mempertimbangkan pola dan tren ini, kita dapat merencanakan langkah-langkah yang tepat untuk masa depan.

Menghindari Kesalahan yang Sama

Sejarah juga memberikan pelajaran berharga tentang kesalahan yang telah dilakukan di masa lalu. Dengan mempelajari peristiwa-peristiwa yang tidak berhasil atau menghasilkan konsekuensi negatif, kita dapat menghindari kesalahan yang sama di masa depan. Sejarah mengajarkan kita tentang konsekuensi dari tindakan yang tidak bijaksana, sehingga kita dapat mengambil langkah-langkah yang lebih cerdas dan meminimalkan risiko dalam pengambilan keputusan di masa depan.

Memperoleh Wawasan tentang Kemungkinan Perubahan

Melalui studi sejarah, kita dapat memperoleh wawasan tentang kemungkinan perubahan yang dapat terjadi di masa depan. Dengan melihat bagaimana perubahan-perubahan terjadi di masa lalu, kita dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi perubahan yang mungkin terjadi di masa depan. Sejarah membantu kita untuk melihat tren sosial, politik, dan ekonomi yang mungkin mempengaruhi kehidupan kita di masa mendatang, sehingga kita dapat merencanakan langkah-langkah yang tepat untuk menghadapinya.

Menciptakan Visi Masa Depan yang Kuat

Sejarah juga memberikan landasan penting dalam menciptakan visi masa depan yang kuat. Dengan memahami peristiwa dan pencapaian masa lalu, kita dapat menentukan nilai-nilai dan tujuan yang ingin kita capai di masa depan. Sejarah membantu kita untuk mengetahui apa yang telah dicapai oleh generasi sebelum kita dan apa yang dapat menjadi kontribusi kita ke depan. Dengan memiliki visi yang jelas, kita dapat merencanakan langkah-langkah yang tepat untuk mencapai masa depan yang diharapkan.

Sejarah sebagai Sumber Informasi tentang Perkembangan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan

Perkembangan Teknologi dalam Sejarah

Melalui studi sejarah, kita dapat melacak perkembangan teknologi dari masa ke masa. Sejarah memberikan wawasan tentang bagaimana manusia telah mengembangkan berbagai penemuan dan inovasi dalam berbagai bidang, seperti sains, teknologi, kedokteran, dan lain-lain. Dengan mempelajari perkembangan ini, kita dapat melihat bagaimana teknologi telah mempengaruhi kehidupan manusia, serta mengidentifikasi tren dan potensi perkembangan teknologi di masa depan.

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dalam Sejarah

Sejarah juga memberikan informasi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dari masa ke masa. Melalui studi sejarah, kita dapat melihat bagaimana ilmu pengetahuan telah berkembang dalam berbagai disiplin ilmu, seperti fisika, kimia, biologi, dan lain-lain. Sejarah ilmu pengetahuan memberikan wawasan tentang penemuan-penemuan penting, teori-teori yang mengubah paradigma, dan kontribusi para ilmuwan terkemuka dalam memajukan pengetahuan manusia. Dengan memahami perkembangan ilmu pengetahuan, kita dapat menghargai pencapaian manusia dan menggali potensi untuk penemuan dan inovasi di masa depan.

Teknologi dan Ilmu Pengetahuan sebagai Pendorong Perubahan

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan memiliki peran yang signifikan dalam mendorong perubahan sosial, ekonomi, dan politik dalam masyarakat. Melalui studi sejarah, kita dapat melihat bagaimana penemuan dan inovasi teknologi telah mengubah cara hidup manusia, menciptakan peluang baru, dan mengatasi tantangan yang ada. Sejarah juga mengungkapkan bagaimana perkembangan ilmu pengetahuan telah memperluas pemahaman manusia tentang dunia dan mengubah paradigma pemikiran. Dengan memahami peran teknologi dan ilmu pengetahuan dalam sejarah, kita dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi perubahan yang lebih lanjut di masa depan.

Sejarah sebagai Alat untuk Memahami Perubahan Sosial dan Politik

Perubahan Sosial dalam Sejarah

Sejarah membantu kita untuk memahami perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat. Melalui studi sejarah, kita dapat melihat bagaimana perubahan dalam kehidupan ekonomi, pola keluarga, sistem pendidikan, dan nilai-nilai sosial telah terjadi seiring waktu. Sejarah juga mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan sosial, seperti perubahan teknologi, perubahan politik, dan perubahan budaya. Dengan memahami perubahan sosial dalam sejarah, kita dapat memprediksi dan mengatasi tantangan perubahan sosial di masa depan.

Perubahan Politik dalam Sejarah

Sejarah juga memberikan wawasan tentang perubahan politik yang terjadi dalam masyarakat. Melalui studi sejarah, kita dapat melihat bagaimana sistem pemerintahan, kekuasaan politik, dan struktur politik telah berubah seiring waktu. Sejarah juga mengungkapkan perubahan dalam ideologi politik, gerakan politik, dan perjuangan politik yang telah mempengaruhi perkembangan masyarakat. Dengan memahami perubahan politik dalam sejarah, kita dapat belajar dari kesalahan dan pencapaian masa lalu, serta merencanakan langkah-langkah politik yang lebih baik di masa depan.

Perubahan dalam Hubungan Antar Kelompok

Sejarah juga mengungkapkan perubahan dalam hubungan antar kelompok dalam masyarakat. Melalui studi sejarah, kita dapat melihat bagaimana hubungan antar etnis, agama, dan kelompok sosial telah berubah seiring waktu. Sejarah mengajarkan kita tentang konflik, kolonialisme, perjuangan hak asasi manusia, dan upaya untuk mencapai kesetaraan dan keadilan. Dengan memahami perubahan ini, kita dapat bekerja menuju masyarakat yang lebih inklusif, toleran,

Perubahan Sosial dan Politik sebagai Tantangan dan Peluang

Perubahan sosial dan politik yang terjadi dalam sejarah juga dapat dianggap sebagai tantangan dan peluang. Melalui studi sejarah, kita dapat melihat bagaimana masyarakat menghadapi perubahan tersebut. Beberapa masyarakat berhasil mengatasi tantangan dan bertransformasi menjadi masyarakat yang lebih maju dan inklusif, sementara yang lain mengalami kesulitan dalam menghadapinya. Sejarah memberikan wawasan tentang strategi dan pendekatan yang efektif dalam mengelola perubahan sosial dan politik, sehingga kita dapat belajar dari pengalaman masa lalu dan mengambil langkah-langkah yang tepat di masa depan.

Sejarah sebagai Referensi untuk Penelitian Lainnya

Sejarah sebagai Dasar untuk Studi Lainnya

Sejarah memiliki peran penting sebagai dasar untuk studi di berbagai bidang lainnya. Banyak studi dan penelitian dalam ilmu sosial, humaniora, dan ilmu pengetahuan lainnya menggunakan data dan informasi sejarah sebagai dasar analisis dan interpretasi mereka. Sejarah memberikan konteks dan latar belakang yang penting untuk memahami fenomena atau peristiwa yang sedang diteliti. Misalnya, dalam studi lingkungan, sejarah lingkungan memberikan wawasan tentang interaksi manusia dengan lingkungan sepanjang masa, yang dapat membantu dalam merumuskan kebijakan dan praktek berkelanjutan.

Metode dan Pendekatan dalam Penelitian Sejarah

Penelitian sejarah juga melibatkan penggunaan metode dan pendekatan khusus yang dapat diadopsi oleh peneliti di bidang lain. Misalnya, metode kritik sumber yang digunakan dalam penelitian sejarah dapat diterapkan dalam analisis sumber-sumber lain, seperti dokumen atau data statistik. Pendekatan analisis kontekstual yang digunakan dalam penelitian sejarah juga dapat berguna dalam memahami konteks sosial dan budaya dalam studi lainnya. Dengan memanfaatkan metode dan pendekatan ini, peneliti dapat mendapatkan wawasan yang lebih dalam dan komprehensif tentang fenomena yang mereka teliti.

Sejarah sebagai Sumber Data Primer

Sejarah juga dapat menjadi sumber data primer yang berharga untuk penelitian di berbagai bidang. Sumber-sumber sejarah seperti dokumen, catatan, surat-surat, dan rekaman audio atau visual dapat digunakan sebagai data primer yang memberikan informasi yang autentik tentang peristiwa masa lalu. Peneliti dapat menggunakan sumber-sumber ini untuk mendapatkan wawasan yang unik dan mendalam tentang topik yang mereka teliti. Dengan memanfaatkan sumber data primer sejarah, peneliti dapat menghasilkan penemuan-penemuan baru dan memperkaya pemahaman kita tentang dunia di sekitar kita.

Sejarah sebagai Inspirasi dan Hikmah

Kisah Perjuangan dan Ketabahan

Peristiwa-peristiwa sejarah sering kali mengandung kisah-kisah tentang perjuangan, keberanian, dan ketabahan manusia dalam menghadapi rintangan dan tantangan. Kisah-kisah ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi kita untuk bertindak dan berbuat lebih baik. Melalui studi sejarah, kita dapat belajar dari pengalaman perjuangan orang-orang di masa lalu, baik itu dalam melawan penjajah, memperjuangkan hak asasi manusia, atau mengatasi krisis ekonomi. Kisah-kisah ini mengajarkan kita tentang nilai-nilai seperti ketabahan, keberanian, dan keadilan yang dapat menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

Pelajaran dari Kesalahan Masa Lalu

Sejarah juga memberikan pelajaran berharga tentang kesalahan yang telah dilakukan di masa lalu. Melalui studi sejarah, kita dapat melihat konsekuensi dari tindakan yang tidak bijaksana atau keputusan yang buruk. Kisah-kisah tentang perang, konflik, atau kegagalan dalam kepemimpinan mengajarkan kita untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Sejarah mengingatkan kita bahwa pengambilan keputusan yang cerdas dan bijaksana sangat penting dalam mencapai kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Dengan mempelajari kesalahan masa lalu, kita dapat menghindari jatuh ke dalam pola yang sama di masa depan.

Nilai-nilai Universal dalam Sejarah

Sejarah juga mengajarkan kita tentang nilai-nilai universal yang relevan di semua zaman. Kisah-kisah tentang cinta, persahabatan, keadilan, dan kebaikan dapat ditemukan dalam berbagai peristiwa sejarah. Melalui studi sejarah, kita dapat menghargai nilai-nilai ini dan mengambil inspirasi dari mereka. Kisah-kisah tentang pemimpin yang adil, pejuang kebebasan, atau ilmuwan yang berdedikasi mengingatkan kita tentang pentingnya nilai-nilai ini dalam menciptakan dunia yang lebih baik. Sejarah mengajarkan kita untuk menghargai dan mempraktikkan nilai-nilai universal ini dalam kehidupan kita sehari-hari.

Sejarah sebagai Penanda Identitas dan Perubahan Masa Depan

Sejarah sebagai Identitas Bangsa

Sejarah memiliki peran yang penting dalam menandai identitas suatu bangsa atau masyarakat. Melalui studi sejarah, kita dapat melacak asal-usul, perkembangan, dan perubahan yang terjadi dalam budaya, bahasa, adat istiadat, dan tradisi suatu kelompok. Sejarah membantu kita untuk memahami akar budaya kita dan menghormati warisan yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita. Dengan memahami sejarah bangsa kita, kita dapat membangun identitas yang kuat dan merayakan keragaman budaya yang ada.

Sejarah sebagai Penanda Perubahan Masa Depan

Sejarah juga berperan sebagai penanda perubahan yang mungkin terjadi di masa depan. Melalui studi sejarah, kita dapat melihat bagaimana perubahan sosial, politik, dan ekonomi telah terjadi dalam masyarakat. Sejarah mengajarkan kita bahwa perubahan adalah hal yang tak terhindarkan, dan kita perlu siap menghadapinya. Dengan memahami sejarah, kita dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi perubahan yang mungkin terjadi di masa depan dan merencanakan langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi tantangan dan mencapai kemajuan.

Dalam penggunaan yang luas, pengertian sejarah yang tepat meliputi aspek akademik, cerita masa lalu, pembelajaran, identitas budaya, perencanaan masa depan, sumber informasi, perubahan sosial dan politik, referensi penelitian, inspirasi, serta penanda identitas dan perubahan. Penting bagi kita untuk memahami dan menghargai sejarah karena melalui pengertian yang tepat tentang sejarah, kita dapat memperoleh wawasan yang lebih dalam tentang masa lalu dan mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana untuk masa depan.

Related Posts

Leave a Comment

alep main slot mahjong ways sampai gila karena maxwin jutaan dibayar tunaisitus slot gacor gampang maxwin main slot olympus pasti bayarmental pemain slot itu sudah terbentuk ketika bermain slot gates of olympuspakai trik dan pola ini jika ingin menang bermain slot mahjong ways duabaru mengenal slot online langsung jackpot ratusan juta cair dalam 5 menitkamar impianku penuh dengan uang hasil jackpot slot gacor online ratusan juta langsung di bayarrobert mantan barista menemukan pola terbaik mahjong waysberanikan diri deposit sisa tabungan mba wanda maxwin di mahjong waysgandakan uang dengan jackpot slot online olympusmenemukan pola gacor slot online mahjong ways2slot starlight princess terbaik di tahun 2024rahasia maxwin ratusan juta dengan pola ajaib gates of olympus slot gacortips mengejar jp 100 juta dalam sehari dengan main slot mahjong ways di situs gacor pasti bayarrekomendasi slot anti rungkad jaminan selalu menang tiap harislot mudah menang untuk semua kalangan pemain di provider no limit citymenang besar di permainan slot starlight princess seribugudangnya akun slot online gacor pragmatic playmemancing scatter gratis demi dapatkan cuan di slot online princess x1000bersyukur ketika mendapatkan maxwin di scatter hitam mahjong wayskekuatan tangan zeus membawa petir keberuntungan maxwin besaralex jatuh cinta pada pandangan pertama dengan slot gacor online mahjong waysliburan dan belanja sampai puas diberi dari hasil jackpot besar di mahjong waysfantasi liar bang galuh buahkan hasil fantastis di mahjong waysfarrel anak usia 13 tahun yang hobi bermain mahjong waysslot online terbaikslot online paling gacorpermainan slot online naik daunrekomendasi permainan slot online pragmatic playbang bayu adakan pesta setelah maxwin di mahjong waystranformasi bang yoga dari si miskin menjadi si sultan berkat mahjong waysberlayar ke samudra demi mencari pola gacor slot online olympustabrakan beruntun pola gacor scatter hitam di slot online mahjong ways2trik menang slot langsung untuk semua pemain di semua providermenang puluhan juta di slot gates of olympus seribubeli head set gaming jutaan rupiah berkat jackpot dari slot gacor gates of olympusmelirik lirik gadis cantik sambil bermain slot online langsung jackpot besar di mahjong ways 3