Home Edukasi Pengertian Majas: Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Bahasa Indonesia

Pengertian Majas: Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Bahasa Indonesia

by Ferdi

Majas adalah salah satu figur retorika yang sering digunakan dalam bahasa Indonesia. Figur retorika atau gaya bahasa ini digunakan untuk memperindah atau memperkaya karya sastra, baik sastra tulis maupun lisan. Majas sering digunakan dalam puisi, cerita pendek, dan bahkan dalam percakapan sehari-hari. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian majas secara lengkap, mencakup jenis-jenisnya, dan memberikan contoh-contohnya dalam bahasa Indonesia.

Pertama-tama, mari kita lihat pengertian majas itu sendiri. Majas adalah salah satu gaya bahasa yang digunakan untuk mengungkapkan sesuatu dengan cara yang tidak biasa atau tidak langsung. Dalam majas, penggunaan kata-kata atau kalimat-kalimat tersebut memiliki makna kiasan atau makna yang berbeda dari makna sebenarnya. Dengan menggunakan majas, penulis atau pembicara dapat memberikan kesan yang lebih mendalam atau menggambarkan sesuatu secara lebih menarik.

Majas Simile

Majas simile adalah salah satu jenis majas yang sering digunakan dalam bahasa Indonesia. Majas ini digunakan untuk membandingkan dua hal yang berbeda, dengan menggunakan kata “seperti” atau “bagai” sebagai penghubung. Contoh penggunaan majas simile adalah “Dia berlari cepat seperti angin” atau “Wajahnya putih bagai salju”. Dalam kalimat-kalimat tersebut, penggunaan kata “seperti” dan “bagai” memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kecepatan berlari atau keputihan wajah tersebut.

Majas Simile dalam Puisi

Majas simile sering digunakan dalam puisi untuk memberikan gambaran yang lebih kuat dan emosional. Dalam puisi, penulis sering menggunakan majas simile untuk menggambarkan perasaan, objek, atau situasi dengan cara yang lebih indah dan kreatif. Contoh majas simile dalam puisi adalah:

“Matahari terbit seperti permata yang bersinar,Menggambarkan keindahan dunia yang penuh harapan.”

Dalam contoh puisi di atas, penggunaan majas simile dengan membandingkan matahari terbit dengan permata yang bersinar memberikan gambaran yang lebih hidup dan memikat.

Majas Simile dalam Cerita Pendek

Majas simile juga dapat digunakan dalam cerita pendek untuk memperkaya deskripsi dan menggambarkan karakter atau situasi dengan lebih detail. Dalam cerita pendek, penggunaan majas simile dapat memberikan kesan yang lebih kuat dan memikat bagi pembaca. Contoh penggunaan majas simile dalam cerita pendek adalah:

“Dia tersenyum manis seperti bunga mawar yang sedang mekar,Menggambarkan kebahagiaan dan keindahan hatinya.”

Dalam contoh cerita pendek di atas, penggunaan majas simile dengan membandingkan senyuman dengan bunga mawar yang mekar memberikan gambaran yang lebih hidup dan memikat.

Majas Metafora

Majas metafora adalah majas yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu dengan menggunakan kata atau kalimat yang sebenarnya memiliki makna lain. Dalam majas ini, penggunaan kata-kata tersebut membuat pembaca atau pendengar membayangkan sesuatu yang berbeda dari makna sebenarnya. Contoh penggunaan majas metafora adalah “Wajahnya bulan purnama” atau “Air mata yang mengalir seperti sungai”. Dalam kalimat-kalimat tersebut, kata “bulan purnama” dan “sungai” digunakan untuk menggambarkan keindahan wajah atau jumlah air mata yang banyak.

Majas Metafora dalam Puisi

Majas metafora sering digunakan dalam puisi untuk menggambarkan perasaan atau objek dengan cara yang lebih kreatif dan imajinatif. Dalam puisi, penulis sering menggunakan majas metafora untuk mengungkapkan emosi atau pemikiran dengan cara yang lebih mendalam. Contoh majas metafora dalam puisi adalah:

“Hatimu adalah kaca yang pecah,Menggambarkan luka yang dalam dan tak tersembuhkan.”

Dalam contoh puisi di atas, penggunaan majas metafora dengan membandingkan hati dengan kaca yang pecah memberikan gambaran yang lebih kuat tentang rasa sakit dan kerapuhan.

Majas Metafora dalam Cerita Pendek

Majas metafora juga dapat digunakan dalam cerita pendek untuk menggambarkan karakter, suasana, atau konflik dengan cara yang lebih mendalam dan menarik. Dalam cerita pendek, penggunaan majas metafora dapat memperkaya deskripsi dan memberikan nuansa yang lebih kuat bagi pembaca. Contoh penggunaan majas metafora dalam cerita pendek adalah:

“Malam itu, langit terbuka seperti pelukan hangat,Menggambarkan kebahagiaan dan ketenangan di hatinya.”

Dalam contoh cerita pendek di atas, penggunaan majas metafora dengan membandingkan langit terbuka dengan pelukan hangat memberikan gambaran yang lebih hidup dan memikat.

Majas Personifikasi

Majas personifikasi adalah majas yang memberikan sifat-sifat manusia kepada benda mati, hewan, atau makhluk lain yang sebenarnya tidak memiliki sifat-sifat tersebut. Dengan menggunakan majas personifikasi, penulis atau pembicara dapat membuat objek atau makhluk tersebut menjadi lebih hidup dan berinteraksi dengan manusia. Contoh penggunaan majas personifikasi adalah “Bunga tersenyum indah di taman” atau “Angin berbisik lembut di telinga”. Dalam kalimat-kalimat tersebut, bunga dan angin diberikan sifat-sifat manusia seperti tersenyum atau berbisik.

Majas Personifikasi dalam Puisi

Majas personifikasi sering digunakan dalam puisi untuk memberikan kesan yang lebih hidup dan emosional. Dalam puisi, penulis sering menggunakan majas personifikasi untuk menggambarkan alam atau objek dengan cara yang lebih menarik dan berkesan. Contoh majas personifikasi dalam puisi adalah:

“Hujan menangis di atas tanah kering,Menggambarkan kesedihan dan kerinduan akan kehidupan.”

Dalam contoh puisi di atas, penggunaan majas personifikasi dengan menggambarkan hujan menangis memberikan kesan yang lebih kuat tentang kesedihan dan kebutuhan akan kehidupan.

Majas Personifikasi dalam Cerita Pendek

Majas personifikasi juga dapat digunakan dalam cerita pendek untuk memperkaya deskripsi dan menggambarkan karakter atau situasi dengan lebih detail. Dalam cerita pendek, penggunaan majas personifikasi dapat memberikan nuansa yang lebih hidup dan memikat bagi pembaca. Contoh penggunaan majas personifikasi dalam cerita pendek adalah:

“Pohon tua itu merintih kesepian di tengah hutan,Menggambarkan rasa kehilangan dan kekosongan di hatinya.”

Dalam contoh cerita pendek di atas, penggunaan majas personifikasi dengan membandingkan pohon tua yang merintih kesepian memberikan gambaran yang lebih hidup dan memikat.

Majas Hiperbola

Majas hiperbola adalah majas yang digunakan untuk memberikan penggambaran yang berlebihan atau melebih-lebihkan sesuatu. Dalam majas ini, penggunaan kata-kata atau kalimat-kalimat tersebut tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya. Contoh penggunaan majas hiperbola adalah “Saya sudah menunggu sejuta tahun” atau “Bukumu berat seperti gunung”. Dalam kalimat-kalimat tersebut, penggunaan angka sejuta tahun atau perbandingan berat buku dengan gunung memberikan kesan yang berlebihan.

Majas Hiperbola dalam Puisi

Majas hiperbola sering digunakan dalam puisi untuk memberikan kesan yang dramatis dan intens. Dalam puisi, penulis sering menggunakan majas hiperbola untuk menyampaikan perasaan yang sangat kuat dan tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata biasa. Contoh majas hiperbola dalam puisi adalah:

“Rinduku padamu tak terhingga,Seperti samudra yang tak terbatas.”

Dalam contoh puisi di atas, penggunaan majas hiperbola dengan menyatakan bahwa rindu tak terhingga seperti samudra yang tak terbatas memberikan kesan yang berlebihan namun memperkuat intensitas perasaan yang ingin disampaikan.

Majas Hiperbola dalam Cerita Pendek

Majas hiperbola juga dapat digunakan dalam cerita pendek untuk memberikan kesan yang kuat dan menarik. Dalam cerita pendek, penggunaan majas hiperbola dapat memperkaya deskripsi dan memberikan efek yang dramatis bagi pembaca. Contoh penggunaan majas hiperbola dalam cerita pendek adalah:

“Dia mencintainya lebih dari hidupnya sendiri,Seperti api yang membakar dengan ganas.”

Dalam contoh cerita pendek di atas, penggunaan majas hiperbola dengan menyatakan bahwa cinta lebih dari hidup seperti api yang membakar dengan ganas memberikan kesan yang berlebihan namun memperkuat intensitas perasaan yang ingin disampaikan.

Majas Litotes

Majas litotes adalah majas yang digunakan untuk mengungkapkan sesuatu dengan cara mengurangi atau merendahkan makna sebenarnya. Dalam majas ini, penggunaan kata-kata atau kalimat-kalimat tersebut memberikan kesan yang lebih ringan atau tidak berlebihan. Contoh penggunaan majas litotes adalah “Dia tidak buruk dalam memainkan piano” atau “Malam ini tidak terlalu dingin”. Dalam kalimat-kalimat tersebut, penggunaan kata “tidak buruk” atau “tidak terlalu dingin” memberikan kesan yang lebih rendah dari kenyataan yang sebenarnya.

Majas Litotes dalam Puisi

Majas litotes sering digunakan dalam puisi untuk memberikan kesan yang halus dan terkontrol. Dalam puisi, penulis sering menggunakan majas litotes untuk menyampaikan perasaan atau pemikiran dengan cara yang lebih santun dan tidak berlebihan. Contoh majas litotes dalam puisi adalah:

“Senyumnya tidak buruk,Seperti sinar rembulan yang lembut.”

Dalam contoh puisi di atas, penggunaan majas litotes dengan menyatakan bahwa senyumnya tidak buruk seperti sinar rembulan yang lembut memberikan kesan yang lebih halus namun tetap memperkuat kesan positif dari senyuman tersebut.

Majas Litotes dalam Cerita Pendek

Majas litotes juga dapat digunakan dalam cerita pendek untuk memberikan kesan yang ringan namun tetap efektif. Dalam cerita pendek, penggunaan majas litotes dapat mengurangi intensitas atau keberlebihan dalam deskripsi suatu situasi atau karakter. Contoh penggunaan majas litotes dalam cerita pendek adalah:

“Dia tidak terlalu buruk dalam bermain gitar,Seperti angin yang menyentuh lembut telinga.”

Dalam contoh cerita pendek di atas, penggunaan majas litotes dengan menyatakan bahwa dia tidak terlalu buruk dalam bermain gitar seperti angin yang menyentuh lembut telinga memberikan kesan yang ringan namun tetap memperkuat kemampuan bermain gitar yang positif.

Majas Ironi

Majas ironi adalah majas yang digunakan untuk mengungkapkan sesuatu dengan cara bertentangan dengan kenyataan yang sebenarnya. Dalam majas ini, penggunaan kata-kata atau kalimat-kalimat tersebut memberikan kesan yang berlawanan dengan makna sebenarnya. Contoh penggunaan majas ironi adalah “Kamu pintar sekali, ya!” saat seseorang melakukan kesalahan besar atau “Kamu benar-benar membantu sekali!” saat seseorang tidak melakukan apa-apa. Dalam kalimat-kalimat tersebut, penggunaan kata-kata tersebut memberikan kesan yang bertentangan dengan kenyataan yang sebenarnya.

Majas Ironi dalam Puisi

Majas ironi sering digunakan dalam puisi untuk menciptakan efek yang mengejutkan dan memancing pemikiran. Dalam puisi, penulis sering menggunakan majas ironi untuk menyampaikan pesan yang berlawanan dengan kata-kata yang sebenarnya digunakan. Contoh majas ironi dalam puisi adalah:

“Kau adalah teman sejati,Yang selalu mengkhianati.”

Dalam contoh puisi di atas, penggunaan majas ironi dengan menyatakan bahwa kau adalah teman sejati yang selalu mengkhianati memberikan kesan yang bertentangan dengan makna sebenarnya dan menciptakan efek yang mengejutkan.

Majas Ironi dalam Cerita Pendek

Majas ironi juga dapat digunakan dalam cerita pendek untuk menciptakan kejutan atau kontras yang menarik. Dalam cerita pendek, penggunaan majas ironi dapat memperkaya plot dan membuat pembaca terkejut dengan kejadian yang tidak sesuai dengan harapan. Contoh penggunaan majas ironi dalam cerita pendek adalah:

“Dia adalah pahlawan yang gagal,Yang menyelamatkan dunia namun kehilangan dirinya sendiri.”

Dalam contoh cerita pendek di atas, penggunaan majas ironi dengan menyatakan bahwa dia adalah pahlawan yang gagal memberikan kesan yang bertentangan dengan harapan pembaca dan menciptakan kontras yang menarik.

Majas Pleonasme

Majas pleonasme adalah majas yang digunakan untuk mengulang kata-kata atau kalimat-kalimat tertentu yang sebenarnya tidak diperlukan. Dalam majas ini, penggunaan pengulangan tersebut bertujuan untuk memberikan penekanan atau efek yang lebih kuat. Contoh penggunaan majas pleonasme adalah “Baju putih bersih” atau “Berjalan perlahan-lahan”. Dalam kalimat-kalimat tersebut, pengulangan kata “putih” dan “lahan” memberikan penekanan pada kebersihan baju atau kecepatan berjalan.

Majas Pleonasme dalam Puisi

Majas pleonasme sering digunakan dalam puisi untuk memberikan penekanan dan efek yang kuat. Dalam puisi, penulis sering menggunakan majas pleonasme untuk memperkuat deskripsi atau perasaan yang ingin disampaikan. Contoh majas pleonasme dalam puisi adalah:

“Hari ini langit biru yang cerah,Menggambarkan kebahagiaan yang menyenangkan.”

Dalam contoh puisi di atas, penggunaan majas pleonasme dengan menyatakan bahwa langit biru yang cerah memberikan penekanan yang kuat pada kebahagiaan yang menyenangkan.

Majas Pleonasme dalam Cerita Pendek

Majas pleonasme juga dapat digunakan dalam cerita pendek untuk memberikan penekanan yang kuat dan efek yang dramatis. Dalam cerita pendek, penggunaan majas pleonasme dapat memperkuat deskripsi suatu situasi atau karakter dengan lebih intens. Contoh penggunaan majas pleonasme dalam cerita pendek adalah:

“Dia menggenggam erat tangan yang hangat,Menggambarkan keintiman yang mendalam.”

Dalam contoh cerita pendek di atas, penggunaan majas pleonasme dengan menyatakan bahwa dia menggenggam erat tangan yang hangat memberikan penekanan yang kuat pada keintiman yang mendalam.

Majas Eufemisme

Majas eufemisme adalah majas yang digunakan untuk menggantikan kata-kata yang kurang sopan atau kasar dengan kata-kata yang lebih halus atau lebih santun. Dalam majas ini, penggunaan kata-kata tersebut bertujuan untuk menghindari konfrontasi atau ketidaknyamanan. Contoh penggunaan majas eufemisme adalah”Dia telah pergi untuk selamanya” sebagai pengganti “Dia telah meninggal dunia” atau “Dia tidak memiliki penglihatan yang baik” sebagai pengganti “Dia buta”. Dalam kalimat-kalimat tersebut, penggunaan kata-kata tersebut memberikan kesan yang lebih sopan atau lebih halus.

Majas Eufemisme dalam Puisi

Majas eufemisme sering digunakan dalam puisi untuk menyampaikan pesan yang sensitif atau emosional dengan cara yang lebih halus. Dalam puisi, penulis sering menggunakan majas eufemisme untuk menghindari kata-kata yang kasar atau menyinggung perasaan pembaca namun tetap menyampaikan makna yang diinginkan. Contoh majas eufemisme dalam puisi adalah:

“Kaki-kaki kecil itu berhenti bergerak,Meninggalkan jejak yang tak terhapuskan.”

Dalam contoh puisi di atas, penggunaan majas eufemisme dengan menyatakan bahwa kaki-kaki kecil berhenti bergerak sebagai pengganti kematian memberikan kesan yang lebih halus namun tetap menyampaikan makna yang diinginkan.

Majas Eufemisme dalam Cerita Pendek

Majas eufemisme juga dapat digunakan dalam cerita pendek untuk menyampaikan pesan yang sensitif atau menghindari kata-kata yang kasar. Dalam cerita pendek, penggunaan majas eufemisme dapat memperkuat emosi atau menyampaikan situasi yang sulit dengan cara yang lebih halus. Contoh penggunaan majas eufemisme dalam cerita pendek adalah:

“Dia melepaskan nafas terakhirnya,Menandakan perpisahan yang abadi.”

Dalam contoh cerita pendek di atas, penggunaan majas eufemisme dengan menyatakan bahwa dia melepaskan nafas terakhirnya sebagai pengganti kematian memberikan kesan yang lebih halus namun tetap menyampaikan makna yang diinginkan.

Majas Alegori

Majas alegori adalah majas yang digunakan untuk mengungkapkan sesuatu dengan cara menggambarkan situasi atau peristiwa yang sebenarnya memiliki makna yang lebih dalam. Dalam majas ini, penggunaan gambaran tersebut bertujuan untuk menyampaikan pesan atau gagasan yang lebih kompleks. Contoh penggunaan majas alegori adalah “Kehidupan adalah perjalanan yang panjang dan penuh liku-liku” atau “Politik adalah panggung sandiwara yang penuh intrik dan tipu daya”. Dalam kalimat-kalimat tersebut, penggunaan gambaran tersebut menggambarkan makna yang lebih dalam dari kehidupan atau politik.

Majas Alegori dalam Puisi

Majas alegori sering digunakan dalam puisi untuk menyampaikan pesan atau gagasan yang kompleks dengan cara yang lebih indah dan kreatif. Dalam puisi, penulis sering menggunakan majas alegori untuk menggambarkan konsep-konsep abstrak atau perasaan dengan cara yang lebih visual dan memikat. Contoh majas alegori dalam puisi adalah:

“Cinta adalah api yang membara di dalam jiwa,Membakar dan menerangi jalan kebahagiaan.”

Dalam contoh puisi di atas, penggunaan majas alegori dengan menyatakan bahwa cinta adalah api yang membara di dalam jiwa memberikan gambaran yang lebih visual dan memikat tentang kekuatan dan efek cinta.

Majas Alegori dalam Cerita Pendek

Majas alegori juga dapat digunakan dalam cerita pendek untuk menggambarkan konsep-konsep abstrak atau menyampaikan pesan yang lebih dalam. Dalam cerita pendek, penggunaan majas alegori dapat memperkaya plot atau memperkuat tema cerita dengan cara yang lebih kreatif dan menarik. Contoh penggunaan majas alegori dalam cerita pendek adalah:

“Di tengah hutan yang gelap, ada pohon kehidupan,Yang memberikan harapan dan kekuatan kepada mereka yang percaya.”

Dalam contoh cerita pendek di atas, penggunaan majas alegori dengan menyatakan bahwa pohon kehidupan memberikan harapan dan kekuatan kepada mereka yang percaya memberikan gambaran yang lebih kuat dan memikat tentang makna dan peran pohon dalam cerita.

Majas Asosiasi

Majas asosiasi adalah majas yang digunakan untuk menghubungkan dua hal yang berbeda secara tidak langsung berdasarkan kesamaan atau asosiasi di antara keduanya. Dalam majas ini, penggunaan kata-kata atau kalimat-kalimat tersebut memberikan kesan yang lebih terhubung atau saling berkaitan. Contoh penggunaan majas asosiasi adalah “Perempuan itu lembut seperti sutra” atau “Senyumnya cerah seperti matahari pagi”. Dalam kalimat-kalimat tersebut, penggunaan kata-kata tersebut menghubungkan perempuan dengan kelembutan sutra atau senyum dengan kecerahan matahari pagi.

Majas Asosiasi dalam Puisi

Majas asosiasi sering digunakan dalam puisi untuk memberikan gambaran yang lebih mendalam dan menarik. Dalam puisi, penulis sering menggunakan majas asosiasi untuk menggambarkan perasaan, objek, atau situasi dengan cara yang lebih kreatif dan imajinatif. Contoh majas asosiasi dalam puisi adalah:

“Hujan turun dengan lembut seperti rindu,Mengisi hati dengan kenangan yang indah.”

Dalam contoh puisi di atas, penggunaan majas asosiasi dengan menghubungkan hujan dengan rindu memberikan gambaran yang lebih mendalam dan memikat tentang perasaan dan efek hujan.

Majas Asosiasi dalam Cerita Pendek

Majas asosiasi juga dapat digunakan dalam cerita pendek untuk memperkaya deskripsi dan menggambarkan karakter atau situasi dengan lebih detail. Dalam cerita pendek, penggunaan majas asosiasi dapat memberikan nuansa yang lebih hidup dan memikat bagi pembaca. Contoh penggunaan majas asosiasi dalam cerita pendek adalah:

“Malam itu, angin berbisik seperti harapan,Mengisi pikiran dengan impian yang tak terbatas.”

Dalam contoh cerita pendek di atas, penggunaan majas asosiasi dengan menghubungkan angin dengan harapan memberikan gambaran yang lebih hidup dan memikat tentang efek angin pada pikiran dan perasaan.

Dalam artikel ini, kita telah membahas pengertian majas secara lengkap, mencakup jenis-jenisnya, dan memberikan contoh-contohnya dalam bahasa Indonesia. Majas adalah salah satu figur retorika yang dapat memperindah dan memperkaya karya sastra. Dengan memahami penggunaan majas, kita dapat meningkatkan kemampuan kita dalam menulis atau berbicara dengan menggunakan gaya bahasa yang lebih kreatif dan menarik. Selamat mencoba!

Related Posts

Leave a Comment

keajaiban scatter hitam dislot mahjong membawa kekayaan tiada tara main hanya disitus gacor pasti bayarmodal 20.000 bisa jadi berlipat ganda hanya dengan main slot starlight princess disitus gacor terpercayaslot gampang maxwin cukup main di taruhan seribu bisa langsung maxwin menggunakan pola turboslot mahjong ways dua bagi bagi scatter gratis dengan cepatberkah pagi hari slot gacor langsung ke showroom beli pajero modal receh menang ratusan jutaslot gacor online terpercaya serta membayar dalam hitungan menit masuk rekeningdari pada ikutan mogok masal tuntut naik gaji bang ari pilih tambah pendapatan dari mahjong waysbang yamin mancing sambil main mahjong ways malah strike maxwindata rtp tertinggi untuk akun pragmatic playpanduan maxwin slot online gacor princess x1000hujan perkalian besar di bonanza untuk member yang setiacara jitu menangkan game slot pragmatic playpemancing asal martubung menang hingga ratusan juta saat main slot mahjong waysbocoran pola untuk mengetahui cara maxwin slot sweet bonanza turun x1000 pasti jppermainan yang indah dari sugar rush seribu langsung banjir sensationalmudahnya mendapatkan jackpot di slot starlight princess seribu langsung menggunakan fitur beli scatterilmu sakti dari gunung semeru memberikan bocoran pola gacor slot online olympustanggal tua rezeky mudah jackpot di slot online mahjong ways2keseruan menjadi pemenang dengan slot starlight princessslot gacor mahjong ways maxwin besar pola dari endar lesmanaslot gacor anti rungkad wd langsung masuk rekening auto dompet tebal di starlight princess x1000slot gacor online starlight princess kasih maxwin 4 hari berturut turut wd hanya 5 menit masuk rekeningkepepet masalah ekonomi bang nanang slot online mahjong ways adalah solusi terbaikteknik management waktu terbaik bermain mahjong waysinti main game itu have fun main mahjong ways gampang maxwin pasti have funkata siapa hanya orang terpilih yang bisa main mahjong ways bang riiy buktikan siapapun gampang menangmengungkap tongkat sakti zeus turunkan pola x500 slot olympusscatter gratis memberikan peluang kemenangan slot online mahjong ways2memenangkan permainan slot itu mudah gunakan cara ini agar kamu menang di slot gates of olympusmain slot disini sudah pasti mudah maxwin langsung kamu buktikan sendiribocoran acek gacor di slot gacor terpercaya membayar dan mudah jackpottrik mudah maxwin di gates of olympus slot gacor online langsung landing ke rekeninganti panik saldo habis karena rajin depo di situs gacor gampang maxwinpemula main slot langsung maxwin dislot olympus karena main disitus gacorpola akurat jp mahjong ways slot gacoralep ikhlas motor diambil begal karena maxwin main slot olympuskuburan keramat memberikan pola gacor slot online olympuspola jadul berhasil maxwin di slot online mahjong ways2trik mendapatkan scatter gratis hanya di mahjong ways duaakun professional khusus permainan slot daftar dan terima akun kamu sekarang